Minyak Goreng Kemasan Tak Lagi Murah, Ikuti Harga Pasar

Rabu, 16 Maret 2022 17:27 Reporter : Siti Nur Azzura, Anisyah Al Faqir
Minyak Goreng Kemasan Tak Lagi Murah, Ikuti Harga Pasar Antrean warga saat operasi pasar minyak goreng di Pamulang. ©2022 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Pemerintah memutuskan mencabut Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 11.500 untuk minyak goreng curah per liter, Rp 13.500 untuk minyak kemasan sederhana dan Rp 14.000 untuk minyak goreng medium. Sementara itu, pemerintah hanya memberi subsidi untuk minyak goreng curah, sehingga harganya ditetapkan sebesar Rp14.000 per liter.

Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Musdhalifah Machmud mengatakan, harga minyak goreng kemasan dikembalikan ke harga keekonomiannya atau ke harga pasar.

"Kemarin sudah diumumkan setelah ratas, harga minyak goreng kemasan kembali ke ekonomiannya atau sesuai dengan harga pasar. Sementara harga minyak goreng curah diatur dengan harga Rp14.000 per liter," kata Musdhalifah saat dihubungi Merdeka.com, Rabu (16/3).

Dengan demikian, maka harga minyak goreng murah hanya untuk minyak goreng curah. Hal ini menanggapi harga minyak goreng kemasan yang kini dijual lebih mahal.

Sementara itu, saat ini Kementerian Perdagangan tengah melakukan proses pencabutan ketentuan tersebut untuk menyesuaikan harga minyak goreng dengan nilai keekonomian yang berlaku di pasar global.

"Saat ini sedang proses pencabutan," kata Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan saat dihubungi merdeka.com.

Sehingga minyak goreng satu harga yakni Rp 11.500 untuk minyak goreng curah per liter, Rp 13.500 untuk minyak kemasan sederhana dan Rp 14.000 untuk minyak goreng medium tidak berlaku. Saat ini, kata Oke ketentuan HET tersebut sudah tidak sesuai. [azz]

Baca juga:
Akhirnya Presiden Jokowi Turun Gunung Tangani Minyak Goreng Langka dan Mahal
Asosiasi Harap Indonesia Tak Lagi Pakai Minyak Goreng Curah
Kapolri Meninjau Pabrik Minyak Goreng di Bekasi
Food Station Siapkan 40 Ribu Liter Minyak Goreng buat Warga DKI Lewat Pasar Murah
Gudang Pengemasan Ulang Minyak Goreng Disegel Polisi
Ratas Bersama Jokowi, Kapolri Pastikan Minyak Curah dan Kemasan ada di Pasar

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini