Menteri Sri Mulyani Tekankan Pentingnya Sanitasi dan Air Bersih Tekan Angka Stunting

Jumat, 19 Februari 2021 15:50 Reporter : Dwi Aditya Putra
Menteri Sri Mulyani Tekankan Pentingnya Sanitasi dan Air Bersih Tekan Angka Stunting Menkeu Sri Mulyani. ©Setpres RI

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyoroti permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hendak menekan angka stunting ke level 14 persen. Menurutnya, air bersih dan sanitasi merupakan kebutuhan terpenting yang jangan sampai terlewati untuk mencapai itu.

"Maka saya dalam hal ini memang ingin terus mendorong pak Basuki dan seluruh pemerintah daerah agar pembangunan dan aksisibilitas dari air bersih dan sanitasi harus menjadi prioritas," tegasnya dalam acara penandatangan kerja sama KPBU SPAM Regional Jatiluhur I, secara virtual, Jumat (19/2).

"Bahkan dalam situasi pandemi seperti ini makin penting karena ini adalah bagian dalam membangun ketahanan dan imunitas dari masyarakat," ujar Sri Mulyani.

Selain itu, Menteri Sri Mulyani menyebut air bersih dan sanitasi kini menyangkut kualitas kehidupan rumah tangga. Jika tidak meperhatikan kedua infrastruktur tersebut maka akan menjadi beban terhadap ibu rumah tangga.

"Ini berhubungan dengan kualitas banyak kehidupan rumah tangga dan juga bicara tentang beban dari terutama ibu-ibu rumah tangga itu," kata dia.

Bendahara Negara itu menyebut, di dalam banyak studi, ibu-ibu rumah tangga berhubungan erat dengan kualitas dari infrastruktur dasar terutama air bersih dan sanitasi. Oleh karena itu, pemerintah terus berkomitmen membangun infrastruktur keduanya.

"Maka saya memang ingin terus mendorong dari Pak Basuki dan seluruh pemerintah daerah agar pembangunan dan aksesibilitas dari air bersih serta sanitasi harus menjadi prioritas," jelasnya.

Baca Selanjutnya: SPAM Jatiluhur I Pasok Air...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini