Menteri Muda di Kabinet Jokowi Bisa Keluarkan RI dari Lingkaran Pertumbuhan 5 Persen

Senin, 15 Juli 2019 13:47 Reporter : Merdeka
Menteri Muda di Kabinet Jokowi Bisa Keluarkan RI dari Lingkaran Pertumbuhan 5 Persen Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) mendukung Presiden Joko Widodo untuk memilih anak muda gerenasi milenial menjadi salah satu menteri dalam kabinet selanjutnya. Keberadaan milenial di pemerintahan Jokowi Jilid II dapat menjadi penyegar bagi perekonomian Indonesia

Wakil Ketua KEIN, Arif Budimanta menilai, adanya milenial dapat menghadirkan pemikiran baru. Bahkan, keberadaan generasi muda diharapkan mengeluarkan Indonesia dari lingkaran pertumbuhan ekonomi sebesar 5 persen.

"Saya rasa itu hak prerogatif Pak Presiden dalam memilih menteri-menterinya. Tapi kita juga bisa melihat bahwa saat ini dibutuhkan pemikiran pemikiran yang segar, pemikiran yang baru, alternatif-alternatif untuk kemudian dapat mengeluarkan Indonesia dari lingkaran pertumbuhan 5 persen ini," tuturnya di Jakarta, Senin (15/7).

Dia menjelaskan, pemerintah pada periode 2019-2024 ini perlu mendorong peningkatan ekspor. Selain itu, iklim investasi juga penting untuk ditingkatkan di periode mendatang.

"Jadi dari hasil studi KEIN kalau kita bisa meningkatkan omzet umkm itu 10 persen saja dari sekarang rata-rata katakanlah yang mikro Rp 76 juta menjadi menjadi 30 persen saja. Itu dapat mengangkat pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi 7 persen lebih. Itu misalnya altenatif pemikiran-pemikiran segar yang memang harus kita cari," ujarnya.

Kendati begitu, pihaknya tidak menyarankan di bidang apa sekiranya generasi muda dapat mengoptimalkan potensi dan kontribusinya dalam pembangunan Indonesia.

"Tentu Pak Presiden sudah punya preferensi ya bidang-bidang mana yang memang memerlukan perhatian yang serius. Kita percaya kalau yang dipilih adalah orang-orang yang terbaik," tegasnya.

Reporter: Bawono Yadika

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini