Menteri Jonan Sebut Aktivitas Gunung Anak Krakatau Mereda Bulan Ini

Jumat, 28 Desember 2018 15:23 Reporter : Merdeka
Menteri Jonan Sebut Aktivitas Gunung Anak Krakatau Mereda Bulan Ini Erupsi Gunung Anak Krakatau. ©Susi Air/via REUTERS

Merdeka.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, aktivitas anak Gunung Krakatau kini tengah sedikit mereda. Erupsi abu vulkanik di gunung tersebut lebih kecil jika dibandingkan bulan September lalu.

"Jadi memang secara teori aktifitas vulkanik anak Gunung Krakatau sebenarnya yang sangat besar belakangan itu di bulan September tahun ini. Tapi jika dibandingkan ketinggian erupsi dan amplitudonya sekarang ini bulan desember, mungkin tidak ada seperempatnya dibanding bulan September," ucapnya di Banten, Jumat (28/12).

Jonan menambahkan, infrastruktur kesiapan bencana di Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau Banten juga berfungsi dengan baik. Peralatan itu antara lain penunjuk arah mata angin untuk memonitor pergerakan abu vulkanis, CCTV, infrasonik dan seismograf sebanyak 2 buah dengan dua jenis keakuratan yang ditempatkan di Pulau Sertung.

"Kami akan terus kordinasi dengan BPPT, LIPI dan BMKG untuk mempelajari tsunami kemarin akibatnya karena apa saja. Termasuk sharing pengetahuan dan informasi, dengan negara-negara lain seperti Amerika, Jepang, Perancis, karena kegeologian ini bersifat global," ujarnya.

Sebagai informasi, saat ini, Gunung Anak Krakatau mempunyai elevasi tertinggi 338 meter dari muka laut (pengukuran September 2018). Adapun karakter letusannya adalah erupsi magmatik yang merupakan erupsi eksplosif lemah (strombolian) dan erupsi efusif berupa aliran lava.

Pada tahun 2016 letusan terjadi pada 20 Juni 2016, sedangkan pada tahun 2017 letusan terjadi pada tanggal 19 Februari 2017 berupa letusan strombolian. Sejak tanggal 29 Juni 2018, Gunung Anak Krakatau kembali mengeluarkan letusan hingga tanggal 22 Desember berupa letusan strombolian.

Reporter: Bawono Yadika Tulus

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini