Menteri Jonan Minta PLN Gunakan CPO Jadi Bahan Bakar Pembangkit, Ini Keuntungannya

Senin, 26 November 2018 17:05 Reporter : Merdeka
Menteri Jonan Minta PLN Gunakan CPO Jadi Bahan Bakar Pembangkit, Ini Keuntungannya Ignasius Jonan. Fikri Faqih©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mendorong PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk menggunakan minyak sawit (CPO) sebagai bahan bakar pembangkit listrik. Ada sejumlah keuntungan yang akan didapat dari penggunaan CPO ketimbang Solar.

‎"Tahun depan kita akan coba pembangkit listrik tenaga CPO. Ini saya sudah minta ke PLN," ujar dia di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (26/11).

Menurut Jonan, menggunakan CPO akan menekan biaya produksi listrik yang harus dikeluarkan. "Biaya produksi PLN itu rata-rata USD 15-20 sen per kWh. Kalau pakai CPO USD 13 sen, ya tidak sampai USD 15 sen," kata dia.

Selain itu, penggunaan CPO juga ramah lingkungan dan mengurangi impor bahan bakar minyak (BBM). Hal ini yang selalu menjadi isu yang ramai dibicarakan.

"Selain ramah lingkungan juga kurangi impor BBM Karena orang bilang kok impor makin besar, iya orang kendaraannya makin lama makin besar. Tapi CPO ini akan kita coba," tandas dia.

Reporter: Septian Deny

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini