Menteri Agus Minta CPNS Kemenperin Naikkan Kontribusi Industri Hingga 24 Persen

Selasa, 10 Mei 2022 15:56 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Menteri Agus Minta CPNS Kemenperin Naikkan Kontribusi Industri Hingga 24 Persen

Merdeka.com - Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita menantang, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Perindustrian untuk mendongkrak kontribusi industri hingga 24 persen pada 2030. Diketahui, sektor industri menjadi kontributor utama dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

"Ini adalah tugas anda semua sebagai generasi penerus. Strateginya seperti apa silakan dipikirkan," kata Menperin seperti dikutip dari Antara saat memberikan Kuliah Inspiratif kepada CPNS Kemenperin di Jakarta, Selasa (10/5).

Tercatat, dengan pertumbuhan 5,47 persen, sektor industri berkontribusi 19,19 persen terhadap pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2022. Menperin menyampaikan, CPNS Kemenperin harus memahami Industri 4.0 agar dapat membantu industri dalam penerapannya.

Menteri Agus mengatakan, CPNS sebagai generasi muda saat ini didominasi oleh Generasi Milenial dan Gen Z, sebagai generasi yang akrab dengan digitalisasi dan teknologi serta menghadapi era perubahan yang serba cepat sehingga dituntut untuk adaptif terhadap perubahan.

Menurut Menteri Agus, talenta muda di era Industri 4.0 ini memiliki peran yang besar dan menantang. "Teman-teman CPNS sebagai talenta muda dituntut untuk agile dalam artian lincah dan tangkas dalam menghadapi perubahan, serta siap berkolaborasi," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Dorong Kolaborasi

menteri agus minta cpns kemenperin naikkan kontribusi industri hingga 24 persen

Menteri Agus menyampaikan, saat ini adalah era di mana sudah tidak zamannya lagi untuk bekerja sendiri-sendiri namun bersinergi dan berkolaborasi untuk menghasilkan sesuatu yang besar.

Untuk mencapai hal ini, ASN ditargetkan untuk menjadi Smart ASN yang memiliki nilai dasar berAKHLAK dan branding Bangga Melayani Bangsa. Sehingga para ASN mampu menjalani peran sebagai motor penggerak dalam pembangunan nasional dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Pada tanggal 27 Juli 2021 lalu, Presiden Jokowi telah meluncurkan Nilai dasar ASN BerAKHLAK dan employer branding ASN "Bangga Melayani Bangsa".

Tujuannya adalah keseragaman nilai-nilai dasar ASN dalam rangka penguatan budaya kerja sebagai salah satu strategi transformasi pengelolaan ASN menuju world class government.

Nilai dasar BerAKHLAK meliputi Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. "Nilai-nilai dasar BerAKHLAK ini diharapkan dapat terinternalisasi untuk mendukung pencapaian kinerja individu dan pencapaian tujuan Kemenperin," pungkas Menperin.

[bim]

Baca juga:
Menkes: 200 Ribu Nakes Honorer akan Diangkat jadi Calon ASN dan PPPK
Menpan RB Apresiasi Pengungkapan Kasus Kecurangan Seleksi CASN 2021
Membongkar Ragam Modus Kecurangan Seleksi CASN 2021 di Lima Daerah
Kecurangan Seleksi CASN 2021: 30 Ditetapkan Tersangka, 9 di Antaranya ASN
Terungkap, Ini Modus Kecurangan Seleksi ASN 2021 Bikin 359 Peserta Didiskualifikasi
Fakta-Fakta Unik Seputar THR PNS di Ramadan 2022
Ini Besaran THR dan Gaji ke-13 Bagi CPNS

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini