Mentan Amran Siapkan Jurus Hadapi Musim Kemarau Panjang

Kamis, 1 Agustus 2019 19:02 Reporter : Merdeka
Mentan Amran Siapkan Jurus Hadapi Musim Kemarau Panjang Amran Sulaiman. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman optimis bisa melalui musim kemarau tahun ini yang diprediksi lebih panjang dibanding biasanya. Kementerian Pertanian (Kementan) katanya telah membuat sejumlah sarana prasarana demi menanggulanginya dengan beberapa instansi lain, seperti Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

"Bukan apa yang dilakukan, yang sudah dilakukan. Kita sudah rancang membangun infrastruktur bersama Kementerian Desa seperti embung," ungkap dia di Jakarta, Kamis (1/8).

Upaya kedua yaitu pihaknya juga telah membangun jaringan irigasi tersier. Bahkan, proses konstruksinya pun saat ini telah berhasil melampaui arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Target bapak presiden, dalam waktu 3 tahun bisa selesai 3 juta. Alhamdulillah, sekarang sudah selesai 3,4 juta ha dalam waktu kurang lebih 1,5 tahun," jelas dia.

Menteri Amran juga menyebut bahwa pihaknya telah menyediakan alat mesin pertanian yang disebutnya mampu menekan separuh biaya produksi.

"Kita menyiapkan alat mesin pertanian yang dibutuhkan petani yang efisien dan bisa menekan biaya produksi 50 persen," tutup Menteri Amran.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini