Menperin: Pilpres tak ganggu masuknya investasi dan pertumbuhan industri

Rabu, 1 Agustus 2018 13:17 Reporter : Merdeka
Menperin: Pilpres tak ganggu masuknya investasi dan pertumbuhan industri Industri. bahanbakar.com

Merdeka.com - Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menyebut bahwa gelaran pesta demokrasi seperti Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) di tahun depan tidak akan mengganggu sektor industri dan masuknya investasi ke dalam negeri.‎ Pertumbuhan industri pun diyakini tetap mampu tumbuh di atas 5 persen di 2019.

Airlangga mengungkapkan, Pilpres, Pileg dan sebagainya merupakan kegiatan politik yang sudah rutin digelar setiap 5 tahun sekali. Oleh sebab itu, menurut dia, adanya kegiatan-kegiatan seperti ini merupakan hal yang biasa dan tidak akan mengganggu dunia usaha.

"Ya kegiatan politik itu kan reguler, Pilkada, Pileg, Pilpres. Tentu bagi ekonomi itu kita pisahkan antara ekonomi dan politik," ujar dia di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (1/8).

‎Selain itu, dia juga meyakini gelaran Pilpres dan Pileg di tahun depan juga akan berjalan dengan kondusif. Hal ini berkaca dari pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang telah berlangsung pada bulan lalu dan terbukti berjalan dengan lancar.

"Tantangan kekinian itu menjadi suatu event yang disebut pesta demokrasi, jadi tidak perlu menakuti investor. Dalam Pilkada lalu terbukti tidak ada persoalan sehingga berjalan lancar. Oleh karena itu, ke depan setiap event 5 tahunan ada, tapi bisnis dan ekonomi tetap berjalan secara pararel," jelas dia.

Pada 2019, lanjut Airlangga, pihaknya menargetkan pertumbuhan industri bisa tetap berada di atas 5 persen. Pada tahun ini, industri telah ditargetkan tumbuh sebesar 5,6 persen.

"Diupayakan di atas 5 persen (2019). Kalau industri kan basis pabrik, jadi enggak ada kalender politik dalam industri," tandas dia.

Reporter:‎ Septian Deny

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini