Menperin Agus Akui Cuti Tambahan 2020 Ganggu Kinerja Industri

Rabu, 11 Maret 2020 19:56 Reporter : Dwi Aditya Putra
Menperin Agus Akui Cuti Tambahan 2020 Ganggu Kinerja Industri Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita. ©2020 Liputan6.com/Tira Santia

Merdeka.com - Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengakui tambahan 4 hari cuti akan berdampak kepada menurunnya produktivitas sejumlah sektor industri. Mengingat, seluruh sektor industri pada saat libur akan terhenti produksinya.

"Ya pasti (berdampak akan terganggu)," kata dia ditemui di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (11/3).

Meski begitu, Menteri Agus mengaku tidak terlalu khawatir selama industri masih memiliki bahan baku yang memadai dan mudah didapat. Maka roda produksi akan baik-baik saja. Kecuali, pada saat libur tidak ada bahan baku yang dimiliki industri.

"Bagi industri kan yang penting bahan bakunya ada. Bahan baku bukan selain ada tapi juga bisa didapat secara murah artinya harga terjangkau, baik sesuai dengan kondisi-kondisi normal yang dihadapi," kata dia.

"Jadi kalau bertanya soal libur ya sudah diputuskan what can we say," sambung dia.

Sebelumnya, pemerintah memutuskan menambah empat hari Cuti Bersama 2020. Total akan ada 24 hari libur di tahun ini. Pertama, cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW yang semula hanya 29 Oktober ditambah menjadi 30 Oktober.

Selain itu, pemerintah juga menambah cuti bersama Hari Raya Idul Fitri di tanggal 28-29 Mei 2020. Kemudian, tambahan cuti bersama pada 21 Agustus untuk Tahun Baru Hijriah.

1 dari 1 halaman

Wishnutama: Tambahan Cuti Bersama Berdampak Positif ke Pariwisata

cuti bersama berdampak positif ke pariwisata

Pemerintah Jokowi resmi menambahkan empat cuti bersama tahun 2020. Kebijakan ini diyakini dapat meningkatkan pariwisata Indonesia.

"Pasti akan punya dampak yang positif ya ke pariwisata," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama di Kantor Kemenko PMK Jakarta Pusat, Senin (9/3).

Terlebih, saat ini pariwisata Indonesia tengah melesu akibat wabah virus corona (Covid-19). Dengan bertambahnya hari libur, maka masyarakat dapat memanfaatkannya untuk pergi berlibur ke destinasi wisata.

"Karena orang bisa memanfaatkan hari libur untuk berwisata," ucap Menteri Wishnutama.

[bim]

Baca juga:
Bos Bank Mandiri Harap Tambahan Cuti Bersama Tingkatkan Transaksi Kartu Kredit
Pariwisata Terpukul Virus Corona
MenPAN-RB Jamin Tambahan 4 Hari Cuti Bersama di 2020 Tak Ganggu Layanan Publik
Menko Luhut: Penambahan Hari Libur Nasional Tak Kurangi Produktivitas
Menaker: Cuti Bersama Tak Bersifat Wajib, Sesuai Kesepakatan Perusahaan-Buruh

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini