Menpar Sebut Tahun Ini Kaltim Bakal Punya KEK Pariwisata

Sabtu, 30 Maret 2019 20:00 Reporter : Saud Rosadi
Menpar Sebut Tahun Ini Kaltim Bakal Punya KEK Pariwisata Menpar Arief Yahya. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah melalui Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melakukan kajian destinasi wisata di berbagai wilayah di Indonesia, agar menjadi KEK Pariwisata. Di antaranya, destinasi wisata di Kalimantan Timur.

Saat ini di Kalimantan Timur, punya destinasi wisata kepulauan Derawan di Kabupaten Berau, yang juga memiliki pulau-pulau kecil lain seperti Derawan, Maratua, Sangalaki hingga Kakaban.

Kepulauan Derawan, menawarkan wisata bahari, yang memiliki keindahan bawah laut yang memesona. Bahkan, kepulauan Derawan, jadi tujuan wisata penyelam dari berbagai negara di dunia, hingga dilalui oleh para Yachter dari negara lain, di 2017 lalu.

"Salah satu destinasi utama wisata di Kaltim, diusulkan menjadi KEK," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, kepada wartawan, di sela kegiatan seminar bertemakan 'Milenial dalam Pariwisata di Era Industri 4.0', di Hotel SwissBell, Jalan Mulawarman, Samarinda, Sabtu (30/3).

Arief menerangkan, Kemenpar mengajak Pemprov Kalimantan Timur, untuk bekerja keras guna mewujudkan KEK Pariwisata di Kalimantan Timur. Dengan begitu, bukan tidak mungkin KEK Pariwisata di Kaltim terwujud tahun ini juga.

"Saya bilang ke Wagub (Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi). Kalau mau tidak tidur bersama saya, InsyaAllah tahun 2019 ini, Kaltim akan punya KEK Pariwisata," ujar Arief, yang sebelumnya juga mantan Kadivre VI PT Telkom Kalimantan itu.

Hanya saja, Arief masih merahasiakan destinasi wisata di Kaltim, yang digadang-gadang bakal menjadi KEK. "Clue-nya, destinasi utama wisata di Kaltim. Salah satu di antaranya, akan jadi KEK. Saya pernah ke sana," sebut Arief. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini