Menhub Budi: Penurunan Harga Avtur Akan Diikuti Tiket Pesawat

Sabtu, 16 Februari 2019 17:33 Reporter : Merdeka
Menhub Budi: Penurunan Harga Avtur Akan Diikuti Tiket Pesawat Budi Karya Sumadi. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yakin maskapai penerbangan akan menurunkan harga tiket pesawat, setelah PT Pertamina (Persero) menurunkan harga avtur. Hal tersebut, karena salah satu komponen pembentukan harga tiket pesawat adalah avtur.

"Hari ini saya dengar ada penurunan avtur, jadi ada suatu hal yang konstruktif di mana avturnya turun tarif turun," kata Menhub Budi, di Kemandoran, Jakarta, Sabtu (16/2).

Penurunan harga avtur Pertamina, merupakan buah dari penerapan formula harga avtur, yang tercantum dalam Keputusan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 17 Tahun 2019 tentang Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis Avtur yang Disalurkan Melalui Depot Pengisian Pesawat Udara.

"Penurunan avtur kalau tidak salah 5 sampai 8 persen. Yang mengeluarkan penurunan harga itu Menteri ESDM," jelasnya.

Keyakinan Menteri Budi terhadap penurunan harga tiket pesawat pun bertambah, setelah Garuda Indonesia menurunkan harga tiketnya. Keputusan maskapai penerbangan plat merah tersebut akan diikuti maskapai penerbangan lain.

"Saya mengapresiasi Garuda sudah menurunkan tarifnya sebanyak 20 persen. Tentu memerlukan suatu perjuangan sebagai mekanisme Bisnis biasanya Garuda sebagai market leader kalau Garuda turun yang lain turun karena tak mungkin Garuda 1,5 juta Batik 1,5 juta pasti dia turun jadi 1,4. Citilink juga akan turun," ‎paparnya.

Namun Menhub Budi mengaku, sebagai regulator tidak bisa melakukan intervensi harga tiket. Sebab itu pihaknya menyerahkan penetapan besaran harga tiket melalui mekanisme pasar.

‎"Saya regulator sebenarnya hanya mengatur batas atas batas bawah, sekarang mereka itu masih dalam range batas atas batas bawah. Tetapi ini memang ada komplain masyarakat karena selama ini ada di batas bawah ke batas atas oleh karenanya dialog dilakukan," tandasnya.

Sumber: Liputan6

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono [azz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini