Menhub Budi ke bawahannya: Hindari pungli dan korupsi

Selasa, 13 Februari 2018 13:27 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Menhub Budi ke bawahannya: Hindari pungli dan korupsi Budi Karya Sumadi. ©2016 Humas UGM

Merdeka.com - Pagu anggaran Kementerian Perhubungan pada tahun 2018 tercatat sebesar Rp 45,203 triliun atau turun 5,7 persen dari tahun sebelumnya yaitu Rp 47 triliun. Penurunan anggaran harus diterima kementerian karena penyerapan anggaran yang terbilang rendah.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi berjanji akan terus menggenjot penyerapan anggaran. Namun demikian, dalam penyerapan anggaran ini, Menhub Budi mengingatkan seluruh bawahannya untuk tidak terlibat tindak pidana korupsi.

"Nah ini penting menghindari pungli dan korupsi, sekali lagi menghindari pungli dan korupsi. Kalau saya sudah ngomong dua kali berarti instruksinya dalam," kata Menhub Budi dalam acara Pembekalan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) di Lingkungan Kemenhub, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (13/2).

Menhub Budi juga telah menyiapkan beberapa strategi agar penyerapan anggaran kementerian bisa maksimal dan mencapai target.

"Saya pikir langkah konkretnya perencanaan dengan baik, kedua adalah komitmen untuk melaksanakan dengan cepat proses tender bisa dilaksanakan. Jadi saya minta jangan lagi main-main, kalau ada komitmen kuat saya pikir bisa dilaksanakan," ujarnya.

Menhub Budi optimis tahun ini bisa mencapai realisasi anggaran hingga 90 persen meski pada tahun-tahun sebelumnya serapan anggaran Kemenhub hanya berkisar 76 persen dan 86 persen.

"Kemarin dari 76 persen (serapan anggaran) menjadi 86 persen karena saya minta dilakukan intensif tanpa melihat hal tertentu di luar konteks. Tapi untuk di atas 90 persen, bukan pekerjaan yang sulit." [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini