Mengupas Rencana 'Impor' Maskapai Asing Tekan Harga Tiket Pesawat

Selasa, 11 Juni 2019 08:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Mengupas Rencana 'Impor' Maskapai Asing Tekan Harga Tiket Pesawat Ilustrasi pesawat. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/IM_photo

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) berencana untuk akan mengundang maskapai asing untuk membuka rute domestik, sehingga konsumen nantinya bisa memiliki lebih banyak pilihan. Selain itu, maskapai juga semakin efisien, sehingga berdampak terhadap harga tiket pesawat yang semakin terjangkau.

Maskapai asing bisa mendirikan perusahaan (perseroan terbatas) dan membuka rute-rute domestik. Saat ini, maskapai asing yang telah membuka rute penerbangan domestik adalah Indonesia AirAsia di mana 49,25 persen sahamnya dimiliki oleh AirAsia Investment Ltd.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga akan mengkaji ide ini. Menurutnya, ide tersebut bisa dilaksanakan asalkan tidak melanggar azas cabotage.

Azas cabotage adalah kepemilikan saham tidak lebih dari perusahaan nasional, yakni 49 persen asing, 51 persen dalam negeri. "Perusahaan asing itu harus memiliki perusahaan di sini di mana dimiliki oleh Indonesia 51 persen, juga terus mengikuti syarat-syarat lain," katanya.

Berikut fakta-fakta di balik rencana pemerintah untuk mendatangkan maskapai asing ke Indonesia

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini