Ma'ruf Amin: Indonesia akan Jadi Pusat Kebangkitan Ekonomi Islam

Jumat, 23 Agustus 2019 17:22 Reporter : Dwi Aditya Putra
Ma'ruf Amin: Indonesia akan Jadi Pusat Kebangkitan Ekonomi Islam maruf amin. ©muidkijakarta.or.id

Merdeka.com - Wakil Presiden RI terpilih periode 2019-2024, Ma'ruf Amin menghadiri acara Muktamar ke-IV Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) di Ritz Carlton Kuningan, Jakarta. Dalam sambutannya, Ma'ruf Amin menyampaikan peran penting ekonomi syariah di Indonesia.

Ma'ruf mengatakan, ekonomi syariah sangat potensial menjadi variable penting terciptanya arus ekonomi di Indonesia. Hipotesis tersebut, setidaknya didasarkan atas beberapa hal seperti keniscahayaan middle income group.

Berkaca pada data Bappenas, kata Ma'ruf, pertumbuhan masyarakat berpendapatan menengah di Indonesia akan mendominasi perekonomian sampai 2040. Di mana sebagian besar mereka adalah umat islam. Sehingga dapat dikatakan kelas menengah muslim mengalami peningkatan.

"Itu menunjukan semakin besarnya kekuatan ekonomi islam di Indonesia. Saya optimis Indonesia akan menjadi pusat kebangkitan ekonomi islam," kata Ma'ruf yang juga sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat IAEI, dalam sambutannya, di Jakarta, Jumat (23/8).

Ma'ruf memproyeksikan di 2020 jumlah masyarakat berpenghasilan menengah mencapai 85 juta atau 31,3 persen dari total populasi 271 juta. Sementara di 2020 menjadi 165 juta atau 55,7 persen dari total populasi 296 juta.

Melihat kondisi tersebut umat muslim akan membawa perubahan besar di negeri ini. Sebab mereka telah selesai dan terpenuhi kebutuhan pokoknya, namun akan terus mencari cara untuk memenuhi kebutuhan lainnya, yakni kebutuhan berekpresi dan kebutuhan spiritualitas.

"Ekonomi syariah dapat menjadi jawaban atas kebutuhan tersebut," tutup dia. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Ekonomi Syariah
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini