Lindungi UMKM, Banyuwangi Tak Lagi Beri Izin Pembukaan Indomaret Cs

Jumat, 22 November 2019 16:58 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Lindungi UMKM, Banyuwangi Tak Lagi Beri Izin Pembukaan Indomaret Cs Abdullah Azwar Anas. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Kabupaten Banyuwangi menegaskan komitmennya untuk mendukung pengembangan usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM) lokal. Salah satunya dengan membatasi ekspansi bisnis gerai-gerai minimarket

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mengatakan saat ini pihaknya sudah tidak lagi mengeluarkan izin pembangunan gerai-gerai mini market baru. "Kami tidak izinkan Alfamart dan Indomaret baru. Supaya memberikan afirmasi kepada mbok-mbok (UMKM)," kata dia, dalam 'Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Wilayah II tahun 2019' oleh Menpan-RB, di Jakarta, Jumat (22/11).

Langkah ini, tegas dia, merupakan upaya mendukung pelaku usaha kecil. Dukungan tidak hanya diberikan dari sisi permodalan, melainkan juga dari sisi perlindungan pasar. "Tidak hanya diberi modal tapi juga diberikan proteksi pasarnya," ungkap dia.

Berbagai upaya tersebut, memberikan dampak pada naiknya pendapatan masyarakat. Ujung-ujungnya pendapat per kapita Kabupaten Banyuwangi pun melesat.

"Alhamdulillah pendapatan per kapita Banyuwangi melompat. Dulu kami di bawah rata-rata Provinsi Jawa Timur, hanya Rp 20 juta per kapita per tahun menjadi Rp48,7 juta per orang per tahun," tandasnya.

Baca Selanjutnya: Cerita Bupati Banyuwangi Manfaatkan Teknologi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini