Len Industri dan Perusahaan China Bangun Pabrik Panel Solar Cell di Subang

Selasa, 3 Desember 2019 16:27 Reporter : Anisyah Al Faqir
Len Industri dan Perusahaan China Bangun Pabrik Panel Solar Cell di Subang PLTS. energytoday.com

Merdeka.com - PT Len Industri (Persero) akan membangun pabrik panel solar cell di Subang, Jawa Barat pada tahun depan. Pabrik ini nantinya akan memproduksi komponen dari solar cell yang digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Untuk mengerjakan proyek ini, Len Industri sudah terbang ke Korea dan China untuk mencari investor. Hasilnya satu perusahaan besar di China tertarik untuk investasi.

"Ada satu perusahaan besar di China yang tertarik untuk bangun pabrik solar sell di Indonesia, sehingga bisa dukung potensi di Indonesia," kata Dirut PT Len Industri (Persero) Zakky Gamal Yasin di Jakarta, Selasa (3/12).

Diperkirakan proyek ini akan menelan investasi Rp1 triliun untuk membuat pabrik solar panel. Alasan Subang jadi lokasi pembuatan pabrik karena Len Industri memiliki lahan 10-11 hektar. Lokasi ini merupakan lahan technopark milik Len Industri yang akan dibangun juga fasilitas asembly radar militer. Sementara luas lahan yang akan digunakan pabrik sekitar 3-5 hektar.

Pembangunan pabrik baru akan dilakukan tahun depan. Zakky menyebut prosesnya akan memakan waktu satu tahun. Sehingga tahun 2022 nanti, pabrik ini sudah beroperasi.

1 dari 1 halaman

Sudah Miliki Satu Pabrik

Saat ini Len Industri sudah memiliki satu pabrik solar cell di Bandung. Pabrik ini memiliki kapasitas 75 mega watt. Padahal target proyek PLTS mencapai 6,2 gigawatt tetapi realisasinya baru bisa mengejar 200 megawatt.

Len Industri juga tidak sendiri. Dia menggandeng PT PLN (Persero) dan PT Pertamina dalam konsorsium ini. "Investor juga konsorsium dengan PLN dan Pertamina," ujarnya.

Energi panas matahari selalu ada setiap hari dan tidak termanfaatkan. Dari panas tersebut kata Zakky, bisa menghasilkan listrik yang lebih efisien. Misalnya dengan memasang PLTS di perumahan, gudang, pabrik dan perkantoran.

Len Industri berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di fasilitasi milik perusahaan BUMN lainnya. Saat ini Len Industri sudah melakukan riset di area pergudangan Bulog. Rencananya, akan menggandeng PLN untuk membuat solar energi yang nantinya akan dijual ke Bulog dan masyarakat sekitar.

Zakky menambahkan persiapan proyek ini akan dilakukan tahun depan karena investor asal China itu tak mau kehilangan momentum.

"Investor juga sudah tidak sabar, sehingga (kita)jangan sampai momentum hilang," kata Zakky. [idr]

Baca juga:
Dorong Industri Gunakan PLTS, Menteri Jonan Bakal Buat Aturan Baku
Asosiasi Keluhkan Banyaknya Regulasi Hambat Pembangunan PLTS
PLN Cari Mitra Kembangkan PLTS Terapung di Cirata
Peneliti: Pengembangan Energi Surya di Indonesia Masih Tertinggal
Penuhi Kebutuhan Listrik, Ponpes Wali Barokah LDII di Kediri Bangun PLTS

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini