Langkah BI hadapi gangguan satelit Telkom berdampak pada ATM bank

Senin, 28 Agustus 2017 09:12 Reporter : Anggun P. Situmorang
Langkah BI hadapi gangguan satelit Telkom berdampak pada ATM bank ATM . Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Mirza Adityaswara telah menerima laporan terkait gangguan Satelit Telkom 1 milik PT Telekomunikasi Indonesia yang kemudian mengganggu jaringan atm beberapa bank di Tanah Air.

"Jadi memang kami, Bank Indonesia sebagai otoritas sistem pembayaran, kami juga mendapat laporan tentang adanya gangguan di satelit Telkom yang kemudian mengganggu jaringan ATM beberapa bank," ujar Mirza di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Minggu (27/8) Malam.

Menanggapi masalah ini, pihak bank sentral menginstruksikan agar layanan perbankan tidak terganggu dan berjalan seperti biasa. Selain itu, pihaknya juga meminta agar ATM yang mengalami gangguan segera dipindahkan jalurnya.

"Dan tentu kami sudah mendapat laporan, dan bank-bank juga sudah berkoordinasi dengan kita dan kami sebagai otoritas pembayaran, kami memastikan bahwa bank-bank melakukan operasinya harus tetap lancar. Bahwa ATM yang mengalami gangguan harus segera dipindahkan jalurnya," paparnya.

Mirza menegaskan, tidak semua jaringan ATM terganggu saat ini. Karena tidak semua jaringan ATM menggunakan jaringan v-sat. "Tapi memang yang terganggu bukan semua ATM, tapi mungkin sebagian dari jaringan ATM. Karena tidak semuanya menggunakan jaringan v-sat," jelasnya.

Sementara itu, pihak Telkom sendiri telah melakukan upaya dengan memindahkan jalur ke satelit yang baru agar gangguan tersebut tidak memberi dampak panjang pada penggunaan ATM. "Telkom juga tentu melakukan effort yang maksimum untuk memindahkan jalurnya ke satelit yang baru," pungkasnya. [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini