Kisah Sukses Nayar, Bos Perusahaan Kecantikan akan Jadi Perempuan Terkaya Kedua India

Selasa, 16 Maret 2021 07:30 Reporter : Merdeka
Kisah Sukses Nayar, Bos Perusahaan Kecantikan akan Jadi Perempuan Terkaya Kedua India Ilustrasi orang kaya. ©Shutterstock/Sergey Nivens

Merdeka.com - Pandemi Covid-19 nampaknya tak begitu berpengaruh pada bisnis Nykaa, yang merupakan ritel online dari produk kecantikan. Para konsumen yang terjebak di rumah karena pembatasan sosial akibat pandemi tetap berbondong-bondong ke rak virtual Nykaa yang berisi produk krim kulit hingga lipstik.

Berkat lonjakan penjualan selama pandemi Covid-19, Nykaa diperkirakan mampu membukukan kenaikan pendapatan hingga 40 persen pada akhir Maret 2021, naik dari USD 247 juta dari laporan Maret 2020.

Dalam perkembangan bisnisnya, Nykaa didukung oleh perusahaan manajemen aset Boston Fidelity Management dan perusahaan ekuitas swasta TPG Growth Capital di antara para investornya. Tahun ini, Nykaa sedang mempersiapkan diri menjadi IPO yang diharapkan bernilai sekitar USD 3 miliar.

Tetapi bahkan sebelum hal itu terjadi, putaran pendanaan terbaru Nykaa yang diperkirakan akan berakhir pada akhir bulan ini kemungkinan akan mendorong pendirinya, Falguni Nayar, ke dalam jajaran miliuner.

Falguni Nayar akan jadi wanita swadaya terkaya kedua di India setelah miliuner biofarma, Kiran Mazumdar Shaw. Seperti dikutip dari Forbes, Nayar memiliki lebih dari 50 persen hak atas kepemilikan Nykaa.

Menurut perusahaan konsultan yang berbasis di Gurgaon, Technopak, pasar produk kecantikan dan perawatan pribadi India diperkirakan akan tumbuh menjadi USD 23 miliar pada 2023 dari USD 13 miliar pada 2018 karena didorong oleh peningkatan pendapatan kaum muda di India.

"Nykaa telah menjadi sinonim dari produk kecantikan," kata Saloni Nangia, presiden dari Technopak.

"(Ritel) ini melihat tren yang tepat karena kami belum pernah memiliki industri kecantikan yang terkonsolidasi di India sebelumnya. Selalu ada banyak format, tapi semuanya berskala kecil."

Nayar sebelumnya merupakan seorang mantan bankir, kemudian memulai Nykaa pada usia 49 tahun, setelah berhenti dari pekerjaannya sebagai kepala cabang investasi perbankan Bank Kotak Mahindra pada 2012.

Dengan modal awal USD 2 juta dari tabungan keluarga, dia berpikir tentang membangun Sephora versi India untuk ikut dalam rantai pergerakan produk kosmetik internasional.

Memulai sebagai ritel berbasis online, Nykaa yang berasal dari kata Sansekerta 'Nayaka' berarti orang yang menjadi sorotan, kemudian berkembang menjadi toko fisik juga. Perusahaan ini sekarang memiliki 70 toko di 34 kota dan memanfaatkan situs web serta aplikasinya untuk menarik lebih dari 60 juta pengunjung setiap bulan.

Baca Selanjutnya: Menjadi Kejutan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini