Kementerian BUMN Bantah Kabar BRI Akuisisi Jiwasraya

Senin, 22 April 2019 17:47 Reporter : Merdeka
Kementerian BUMN Bantah Kabar BRI Akuisisi Jiwasraya Bank BRI. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Deputi Bidang Usaha, Jasa Keuangan, Jasa Survei Dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo membantah kabar PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) akan mengakuisisi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Dia menyatakan, BRI tidak bisa mengakuisisi karena akan dibentuk holding BUMN Asuransi.

"Tidak, salah (kabar akuisisi Jiwasraya). Keliru,"‎ kata Gatot, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (22/4).

Menurut Gatot, jika ingin tetap melakukan akuisisi, BRI hanya bisa mengakuisisi anak usaha Asuransi Jiwasraya. Namun dia belum bisa menyebutkan anak usaha yang siap diakuisisi.

"Kalau Jiwasraya ambil sahamnya anak dari yayasan iya. Jadi yang penting BRI tidak akuisisi Jiwasraya," tuturnya.

Gatot mengungkapkan, BRI tidak diberi kesempatan untuk ‎mengakuisisi Asuransi Jiwasraya, karena perusahaan asuransi tersebut akan dimasukan dalam holding asuransi. Rencananya, proses pembentukan holding akan selesai pada tahun ini bersamaan dengan holding perbankan.

‎"Nanti kita punya holding asuransi sendiri. Jadi antara holding bank sendiri, asuransi sendiri," tandasnya.

Sebelumnya, Gatot mengatakan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akan menerbitkan surat utang jangka menengah (medium term notes/MTN), untuk menutupi tagihan polis asuransi. "Tinggal diproses saja, tahun ini. Bulan depan proses sudah jalan," kata Gatot.

Menurut Gatot, meski masih dalam persiapan, calon pembeli sudah bersiaga menantikan penerbitan surat utang jangka menengah oleh Asuransi Jiwasraya. "Sedang proses. Ada (pembelinya) sudah ada pokoknya," tuturnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini