Kabar Terbaru Perekrutan CPNS dan PPPK 2023, Kapan Dibuka?

Rabu, 25 Januari 2023 06:00 Reporter : Merdeka
Kabar Terbaru Perekrutan CPNS dan PPPK 2023, Kapan Dibuka? CPNS. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Pemerintah Joko Widodo atau Jokowi memastikan bakal membuka rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN), lewat formasi CPNS 2023 dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) pada tahun ini.

Namun, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) selaku regulator penyelenggaraan seleksi CPNS dan PPPK saat ini masih menghimpun jumlah formasi yang jadi usulan tiap instansi.

"Saat ini masih proses mendata dan pengusulan kebutuhan ASN tahun 2023," ujar Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Mohammad Averrouce kepada Liputan6.com, Selasa (24/1).

Namun, Averrouce belum bisa menyampaikan berapa usulan formasi CASN 2023 yang sudah masuk beserta target jadwal pembukaan proses rekrutmen saat dimintai keterangan lebih lanjut.

Meski demikian, dia menjamin Kementerian PAN-RB akan buka penerimaan CASN untuk tahun 2023, yang terdiri dari CPNS dan 2023.

Khusus untuk seleksi CPNS 2023, diprioritaskan untuk pemenuhan kebutuhan profesi tertentu, semisal hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya. Termasuk talenta digital dan jabatan pelaksana prioritas sesuai peraturan Menteri PANRB Nomor 45/2022.

2 dari 2 halaman

Fokus Posisi PPPK

Sementara untuk PPPK akan difokuskan pada pemenuhan tenaga guru, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis lainnya.

Adapun pengadaan ASN tahun 2023 memiliki empat arah kebijakan yang mendukung transformasi SDM. Pertama, fokus pelayanan dasar, yakni guru dan tenaga kesehatan sebagai langkah penyelesaian masalah tenaga non-ASN/tenaga honorer.

Kedua, memberi kesempatan rekrutmen talenta-talenta digital, data scientist, dan bidang-bidang lain secara terukur.

Fokus berikutnya, merekrut CPNS dengan sangat selektif. Terakhir, mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.

"Saat ini, pemerintah masih menganalisis jabatan mana saja yang bisa terdampak oleh perkembangan digital. Karena dunia digital berubah cepat, pemerintah juga harus cepat adaptasi agar tidak tergerus zaman," tegas Menpan RB Abdullah Azwar Anas dalam pernyataan tertulisnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
BKKBN Buka 4.213 Lowongan PPPK, Jumlah Pelamar Sudah Tembus 12.585
Hasil Seleksi Administrasi PPPK Tenaga Teknis Sudah Diumumkan, Begini Cara Ceknya
Penyesuaian Jadwal, Peserta PPPK Tenaga Kesehatan Bisa Lakukan Sanggah Mulai Hari Ini
Pelamar PPPK Tenaga Kesehatan Bisa Ajukan Keberatan ke Panitia Seleksi, Ini Caranya
Segera Daftar, Kemenparekraf Buka Lowongan PPPK untuk 191 Formasi
BPN Buka Lowongan PPPK, Cek Syarat dan Jadwal Seleksinya di Sini

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini