Jurus Kemenaker Tekan Angka Pengangguran di Tanah Air

Senin, 16 November 2020 15:57 Reporter : Dwi Aditya Putra
Jurus Kemenaker Tekan Angka Pengangguran di Tanah Air Menaker Ida Fauziah. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Ketenagakerjaan terus berupaya dalam menekan angka pengangguran dan juga korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di Tanah Air. Seperti diketahui angka pengangguran di Indonesia mencapai 9,77 juta pada Agustus 2020.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah mengatakan, pihaknya bertindak cepat untuk mengantisipasi tingginya angka pengangguran tersebut. Salah satu upaya Kemnaker untuk mengurangi korban PHK dan meningkatkan produktifitas ekonomi masyarakat melalui program Tenaga Kerja Mandiri (TKM.)

"Kami membentuk kelompok usaha agar survive (bertahan) saat covid 19. Kelompok usaha itu ada yang baru mulai dan sudah berjalan usahanya. Kami akan terus melakukan pendampingan," tutur dia di Jakarta, Senin (16/11).

Dia menjelaskan program TKM sendiri merupakan pelatihan dan pendampingan terhadap UKM dan UMKM di masa pandemi Covid-19. Dia mengharapkan dengan adanya program tersebut para pelaku usaha dapat survive dan terus meningkatkan produktifitasnya.

"Semakin hari jika hal tersebut dibiarkan berlarut-larut maka jumlah pengangguran dan korban PHK di Indonesia akan semakin bertambah," katanya.

Baca Selanjutnya: Pengangguran di Agustus Naik...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini