Izin Penggunaan SKL Saat Pendaftaran Sekolah Kedinasan Berbeda Tiap Instansi

Kamis, 8 April 2021 14:18 Reporter : Merdeka
Izin Penggunaan SKL Saat Pendaftaran Sekolah Kedinasan Berbeda Tiap Instansi Taruna IPDN. ©2018 Merdeka.com/Aksara Bebey

Merdeka.com - Sekolah kedinasan akan segera membuka pendaftaran calon siswa tahun ini. Dalam pelaksanaannya, terdapat kemungkinan calon pendaftar mengalami masalah teknis seperti belum terbitnya ijazah sekolah menengah sebagai salah satu syarat pendaftaran sekolah kedinasan.

Lantas, apakah para calon pendaftar dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) sebagai pengganti ijazah ini?

"Pada prinsipnya di dalam pendaftaran untuk pendidikan kedinasan masih diizinkan untuk pakai SKL. Hanya saja tergantung kesepakatan masing-masing sekolah kedinasan," ujar Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN), Suharmen dalam konferensi pers virtual, Kamis (8/4).

Jika memang sekolah kedinasan yang bersangkutan mensyaratkan ijazah, maka SKL tidak bisa menjadi pengganti.

"Tapi sama dengan tahun lalu, kita masih mentolerir diberikan dengan SKL, karena kalau tidak ada SKL, yang bersangkutan tentu dianggap sebagai pelajar tentu akan sia-sia nanti," lanjutnya.

Terkait nilai, Suharmen mengingatkan calon pendaftar untuk menyiapkan rapor. Sebab, dokumen nilai dalam rapor akan menjadi syarat pendaftaran nanti.

"Nilainya nanti bisa dikosongkan dulu, tapi di salah satu syarat, kan diminta upload rapor ini bisa dijadikan referensi untuk verifikasi administrasi dari instansi," tandasnya.

Baca Selanjutnya: Simak Cara Mendaftar Sekolah Kedinasan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini