Ini Strategi Kemensos Cegah Penyelewengan Dana Bansos Saat Pandemi

Selasa, 29 Desember 2020 16:06 Reporter : Sulaeman
Ini Strategi Kemensos Cegah Penyelewengan Dana Bansos Saat Pandemi Pembagian BLT. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Sosial (Kemensos) terus berupaya memperbaiki skema penyaluran bantuan sosial (bansos) di tahun 2021 untuk menghindari penyelewengan. Salah satunya dengan mengubah skema pemberian bansos sembako menjadi bantuan sosial tunai (BST).

"Ada juga perubahan dari yang bansos sembako yang di Jabodetabek ini akan kemudian diberikan dalam bentuk bansos tunai, sama dengan yang luar Jabodetabek kita lakukan ini," ujar Sekretaris Jenderal Kemensos, Hartono Laras dalam webinar bertajuk Kaleidoskop 2020, Selasa (29/12).

Hartono menjelaskan, penyesuaian skema ini telah diinisiasi pada saat kursi Menteri Sosial dijabat Pelaksana tugas (Plt) Muhadjir Effendy. Kemudian rencana ini kian dimatangkan oleh Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini.

Kemudian untuk mempercepat realisasi, Kementerian Sosial juga telah menggandeng sejumlah kementerian/lembaga terkait. Selain itu, pemerintah daerah juga dipastikan telah terlibat didalamnya.

"Dan melakukan persiapan untuk modifikasi dari yang bansos sembako ke dalam tunai itu kami lakukan tentu koordinasi dengan kementerian lembaga terkait. Dan ini sudah di lakukan pada saat Pak Menko PMK (Muhadjir Effendy) menjabat Plt dengan pak wagub DKI Jakarta. Kita sudah diskusikan, kita sudah rapatkan, dan sudah ada hasil-hasil pertemuan, dan tadi sudah dimantapkan lagi oleh bu Menteri Sosial Risma," terangnya.

Baca Selanjutnya: Bansos Tunai Mulai Disalurkan Januari...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini