Ini cara Menhub realisasikan Tol Laut Jokowi

Senin, 3 April 2017 18:43 Reporter : Syifa Hanifah
Ini cara Menhub realisasikan Tol Laut Jokowi Budi Karya Sumadi. ©twitter.com

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku cukup prihatin dengan kondisi kapal-kapal yang berlayar di lautan yang sudah usang dan para pelautnya juga kurang terampil. Padahal, pemerintah tengah menggalakan program Tol Laut untuk mendistribusikan barang-barang ke pelosok Nusantara.

"Kita bisa melihat bagaimana suatu nestapa terjadi di sana (laut), karena kapal sudah berumur 15 tahun dan pelaut-pelautnya pun tidak tahu bagaimana cara mengoperasikannya. Oleh karenanya, kami (Kementerian Perhubungan) memberikan 100 kapal secara gratis dan mendidik kurang lebih 48.335 pelaut," ujar Budi dalam acara Indonesia Change Management Forum (ICMF) 2017 di Menara Merdeka, Senin (3/4).

Budi juga terus berupaya mengatasi masalah disparitas harga pangan antara wilayah Indonesia Barat dan Indonesia Timur dengan cara membangun Tol Laut.

"Untuk mengatasi disparitas harga antara Indonesia Barat dan Indonesia Timur, kita menerapkan program Tol Laut. Setelah diterapkan, ternyata banyak sekali hal-hal yang belum kita lakukan, kita temukan. Bisa dibayangkan di sana (Indonesia timur) ada satu kota yang cuma sebulan sekali disinggahi oleh kapal, sehingga tol laut memberikan darah baru bagi kota-kota tersebut."

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II ini berharap program Tol Laut yang dijalankan ini dapat memberikan kemakmuran baru khususnya bagi Indonesia bagian Timur. Dia pun juga meminta kepada ikatan alumni universitas yang tergabung dalam Himpuni untuk dapat bekerja sama dalam mensukseskan program Kementerian Perhubungan.

"Kami meminta ikatan alumni universitas-universitas untuk bekerjasama membuat diklat vokasi bagi 48.335 pelaut dan meminta universitas membangun pelayaran rakyat. Bisa dibayangkan saat ini industri kapal-kapal phinisi sudah turun. Dengan kita bangun sekarang 100 kapal, tahun berikutnya 200 kapal, kemudian 300 kapal," pungkasnya. [sau]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini