Indef: Janji Prabowo Naikkan Gaji PNS Bukan Hal Baru, Sudah Dilakukan Jokowi

Jumat, 18 Januari 2019 14:47 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Indef: Janji Prabowo Naikkan Gaji PNS Bukan Hal Baru, Sudah Dilakukan Jokowi pns. ©sijaka.files.wordpress.com

Merdeka.com - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira Adinegara turut menanggapi pernyataan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam debat malam lalu.

Dalam debat Capres-Cawapres (17/1) malam kemarin, Prabowo mengatakan akan menaikkan gaji ASN atau PNS jika terpilih nanti. Hal ini kata dia, untuk menekan tindak pidana korupsi.

Bhima mengatakan, rencana Prabowo untuk menaikkan gaji PNS bukanlah sebuah program yang tergolong baru. Sebab sudah dijalankan oleh pemerintahan sebelumnya (pemerintah Jokowi).

"Kalau hanya janji naikan pendapatan ASN maka tidak ada bedanya dengan Pemerintahan era Jokowi yang sudah lakukan itu," kata dia, dalam keterangan tertulis kepada Merdeka.com, Jumat (18/1).

Menurut dia, pemerintah sesungguhnya sudah memberikan alokasi anggaran yang cukup besar untuk belanja pegawai, salah satunya untuk gaji ASN.

"Pemerintah sebenarnya sudah memberikan alokasi yang cukup besar untuk belanja pegawai di APBN. Porsi belanja pegawai pada APBN 2019 mencapai 23,3 persen dari total belanja pemerintah,"

Kenaikan belanja modal ini, kata dia pun menunjukkan trend kenaikan yang naik signifikan dalam 5 tahun terakhir. "Trennya juga naik signifikan sebesar 56,5 persen dalam 5 tahun terakhir mengalahkan belanja modal yang naik 28,5 persen," tandasnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini