Hingga Awal Tahun, Jumlah Pendaftar Sertifikat Tanah Capai 11,24 Juta

Selasa, 21 Januari 2020 17:53 Reporter : Merdeka
Hingga Awal Tahun, Jumlah Pendaftar Sertifikat Tanah Capai 11,24 Juta Sofyan Djalil. ©2015 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) Sofyan Djalil mengatakan, jumlah pendaftar sertifikasi tanah hingga awal 2020 mencapai 11,24 juta pendaftar. Angka ini mengalami kenaikan dari 2018 sebesar 9,3 juta pendaftar.

"Pendaftaran tahun ini mencapai lebih dari 11 juta bidang, meskipun belum tentu semua tanah bisa tersertifikasi. Namun, kami yakin tahun depan harus lebih banyak lagi," ujar Sofyan dalam rangka Rapat Kerja Nasional Kementerian ATR/BPN tahun 2020, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (21/1).

Dia menjelaskan, program sertifikasi tanah menjadi salah satu perhatian khusus presiden Joko Widodo (Jokowi) di mana pada tahun 2025 ditargetkan seluruh bidang tanah di Indonesia sudah terdaftar. Untuk itu, digitalisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) diharapkan bisa merealisasikan target tersebut.

Mengingat, masih ditemukan sebanyak 50 persen masalah pertanahan, seperti sengketa tanah karena belum memiliki sertifikat. Dengan program PTSL, diupayakan bisa mengurangi sengketa yang terjadi akibat belum adanya sertifikat.

"Layanan elektronik ini bisa mengurangi antrean hingga 50 persen. Program PTSL ini, kita akan mengurangi sengketa seperti itu. Kita sudah digital bisa cek website. Daftar langsung dapat sertifikat," katanya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini