Genjot Industri Pengolahan Limbah Plastik, Menteri Airlangga Janjikan Insentif

Selasa, 16 April 2019 13:15 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Genjot Industri Pengolahan Limbah Plastik, Menteri Airlangga Janjikan Insentif airlangga hartarto janjikan insentif industri pengolahan limbah plastik. ©2018 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, mengatakan bahwa pemerintah bakal memberikan insentif kepada pelaku industri yang mau berusaha di sektor pengolahan limbah plastik. Dengan begitu, diharapkan industri pengolahan limbah plastik dapat tumbuh dan memenuhi kebutuhan plastik nasional yang belum dapat dipenuhi oleh industri petrokimia.

"Justru itu gap-nya pakai recycle plastik. Recycle kita akan dorong kebijakan terkait circular ekonominya. Karena itu menggunakan waste management, mengelola waste di mana scrap plastik itu seharusnya dikelola secara lebih baik," kata dia, di acara acara Indonesia Industrial Summit 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (16/4).

Dia menjelaskan saat ini pihaknya tengah membahas upaya pengolahan limbah plastik dengan berbagai pihak. Pihak-pihak yang telah didekati Kemenperin, sebut Menteri Airlangga, seperti Pemerintah Daerah dan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

"Ini kita lagi bicara dengan Pemerintah-pemerintah daerah dan Kementerian LHK bagaimana kita dorong. Bila perlu kita bahas mengenai insentifnya," jelas Menteri Airlangga.

Meskipun demikian, dia mengatakan bahwa insentif yang diberikan tentu akan berbeda dengan industri dengan nilai investasi yang besar. Sebab, investasi untuk membangun industri pengolahan limbah plastik tergolong kecil. "Tidak seperti petrokimia, karena investasinya kecil. Nanti kita bahas," tandasnya. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini