Gaji Cepat Habis Bikin Cemas? Begini Tips Kelola Keuangan Saat Gajian Tiba

Kamis, 19 Mei 2022 12:45 Reporter : Iwan Tantomi
Gaji Cepat Habis Bikin Cemas? Begini Tips Kelola Keuangan Saat Gajian Tiba ©Shutterstock.com

Merdeka.com - Siapapun pasti gembira saat hari gajian tiba. Apalagi jika di bulan sebelumnya banyak sekali pengeluaran, sehingga mau tak mau harus hidup lebih hemat guna bertahan sampai akhir bulan. Datangnya tanggal gajian pun kian begitu dinanti-nantikan.

Hanya saja, jangan sampai kebiasaan buruk mengelola keuangan ini tanpa sadar menjadi semacam lingkaran setan. Jadikan pengeluaran membengkak di bulan sebelumnya sebagai bahan evaluasi, biar bulan depan tak sampai terulang kembali.

Sebab, jika saldo rekening sekadar lewat begitu saja, lantaran kurang piawai mengelola keuangan saat gajian tiba, yang merasa rugi juga diri sendiri, kan? Makanya, supaya hal ini dapat dihindari, kelola keuangan saat gajian tiba dengan menerapkan beberapa tips berikut ini.

Jangan Menunggu Sisa Gajian Tapi Sisihkan Tabungan di Awal

dana baru
©Shutterstock.com

Seberapa pun jumlahnya, menabung penting dilakukan saat sudah punya pemasukan sendiri. Sebab, dalam prakteknya, kadang ada saja pengeluaran tak terduga. Keberadaan tabungan itu pun dapat menjadi solusi untuk mengatasi kondisi tersebut, sehingga tak perlu sampai utang-utang segala.

Supaya bisa menabung secara rutin, konsep menabung yang benar perlu dipahami. Jangan menunggu sisa gajian, tetapi yang tepat adalah menyisihkan sekitar 20% dari gaji yang diterima di awal untuk dimasukkan ke dalam tabungan. Menurut para praktisi keuangan, persentase tersebut masih masuk akal. Jika tak memungkinkan, paling tidak para pekerja wajib menyisihkan 10% dari gajinya setiap bulan untuk menabung.

Pahami Mana Kebutuhan Utama dan Mana yang Sekadar Keinginan Semata

dana baru
©Shutterstock.com

Bagi para pekerja yang masih lajang atau tak memiliki banyak tanggungan, menikmati gaji untuk bersenang-senang kadang jadi hal yang tak bisa dilepaskan sebagai bagian dari gaya hidup. Boleh-boleh saja menyenangkan diri sebagai apresiasi usai bekerja keras sepekan terakhir. Namun, yang perlu diingat jangan berlebihan.

Pahami betul mana kebutuhan utama dan mana yang sekadar keinginan semata. Setelah menyisihkan sebagian uang untuk tabungan setelah gajian, langkah berikutnya melunasi berbagai tagihan dan kebutuhan pokok setidaknya untuk sebulan ke depan.

Mulailah dahulu dengan membayar listrik, air, sewa kontrakan, tagihan internet, sampai membeli bahan-bahan untuk masak di rumah biar lebih hemat. Dengan begitu, tak harus sampai merasa sengsara akibat makan mi instan semata lantaran tanggal tua melanda.

Pintarlah Memilih Aplikasi Digital Biar Keuangan Tetap Aman

dana baru
©Shutterstock.com

Beberapa praktisi keuangan menyarankan agar gaji tak dibiarkan dalam satu rekening utama. Hal ini untuk menghindari perilaku konsumtif dan impulsif saat sedang belanja. Sebaliknya, bagilah dana ke dalam aplikasi pengelola keuangan terpercaya sekaligus yang bisa diandalkan baik untuk bertransaksi, membayar berbagai tagihan, hingga menabung dan berinvestasi, seperti dompet digital DANA.

dana baru
©DANA

Hal ini karena pengguna DANA akan dilindungi oleh fitur safety and security di DANA, yakni DANA Protection, yang menjamin keamanan transaksi user dengan sistem keamanan yang canggih, dan dinamis, sehingga Bebas Cemas saat bertransaksi digital.

Bagaimana tidak, saat kamu bertransaksi memakai DANA, setiap transaksimu akan dilindungi oleh PIN DANA, Kode OTP dan juga DANA Viz. Dengan begini bisa dipastikan kalau tidak akan ada orang tak bertanggung jawab yang menyalahgunakan akun DANA kamu.

Selain itu, apabila ada kendala saat menggunakan aplikasi pun, DANA akan memberikan kepastian dan ketenangan kepada kamu lewat bantuan Pusat Resolusi 24/7 di aplikasi DANA. Di sini, kamu bisa menghubungi langsung DANA Customer Care 24 jam yang siap membantu kapan saja. Di samping itu, kamu juga bisa sekaligus cek status atau progres penyelesaian kendala dan solusinya.

Kamu pun juga bisa semakin tenang saat pakai DANA, karena DANA akan memberikan garansi 100% uang kembali jika terjadi hal yang tidak diinginkan saat bertransaksi, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Makanya, jangan ragu untuk menggunakan DANA untuk mengelola keuangan secara maksimal, agar tak lagi cemas karena gajian cepat habis.

Ayo, download aplikasi DANA sekarang juga!

[tmi]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini