Dolar tembus Rp 14.700, Bank Indonesia tingkatkan intervensi pasar

Jumat, 31 Agustus 2018 14:01 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Dolar tembus Rp 14.700, Bank Indonesia tingkatkan intervensi pasar Gubernur BI Perry Warjiyo. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Rupiah kembali melemah. Saat ini posisi Rupiah berada pada level 14.700 terhadap Dolar Amerika Serikat (AS).

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menegaskan pihaknya tetap berkomitmen menjaga stabilitas nilai tukar Rupiah di pasar. "Saya menegaskan komitmen BI sangat kuat jaga stabilitas ekonomi termasuk nilai tukar Rupiah," kata Perry di masjid kompleks BI, Jumat (31/8).

Dia mengungkapkan BI telah meningkatkan intensitas intervensinya di pasar. "Khususnya dalam dua hari ini kita meningkatkan volume intervensi valas bahkan sejak kemarin dari pagi sampai sore kita lakukan intervensi di pasar valas," ujarnya.

Selain itu, dia juga mengungkapkan BI telah memborong Surat Berharga Negara (SBN) dari pasar sekunder. "Tadi pagi menjelang jam 11 berapa yang kita beli Rp 3 triliun itu hampir semua yang dijual asing kita beli," ungkapnya.

BI juga akan melakukan lelang swap dengan target cukup besar dalam rangka langkah-langkah stabilisasi Rupiah. "Hari ini kita juga terus secara buka lelang fx swap target 400 juta isnyaalah yang masuk lebih besar dari itu. Setiap hari kita juga buka window mengenai swap hedging dan itu terus kita lakukan."

Dia menegaskan BI dan pemerintah akan terus berkoordinasi menjaga stabilitas sistem keuangan dalam negeri. "Dan koordinasi secara erat dengan kemenkeu dan OJK pastikan stabilitas sistem keuangan, stabilitas nilai tukar tetap terjaga."

Selain itu, dia juga meyakinkan bahwa fundamental ekonomi Indonesia masih baik-baik saja. "Yakinkan bahwa kondisi ekonomi kita kuat dan tahan, dan tentu saja kita akan tetap waspadai apa yang terjadi di negara lain seperti Turki dan Argentina sejauh ini kami tentu saja ketahan ekonomi kita cukup kuat." [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini