Di Tengah Pandemi, Fitch Pertahankan Peringkat Laik Investasi RI

Senin, 10 Agustus 2020 19:42 Reporter : Anisyah Al Faqir
Di Tengah Pandemi, Fitch Pertahankan Peringkat Laik Investasi RI Gedung Bertingkat di Jakarta. ©2020 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Lembaga pemeringkat Fitch mempertahankan Sovereign Credit Rating Republik Indonesia pada peringkat BBB dengan outlook stabil. Fitch menilai beberapa faktor yang mendukung afirmasi peringkat Indonesia yakni prospek pertumbuhan ekonomi jangka menengah yang baik dan beban utang pemerintah yang relatif rendah.

"Lembaga pemeringkat Fitch mempertahankan Sovereign Credit Rating Republik Indonesia pada peringkat BBB (investment grade) dengan outlook stabil pada 10 Agustus 2020," kata Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko dalam siaran pers, Jakarta, Senin (10/8).

Meski begitu, Fitch mengingatkan Indonesia akan menghadapi berbagai tantangan. Sebab Indonesia sangat bergantung pada sumber pembiayaan eksternal. Lalu penerimaan pemerintah yang rendah. Dari sisi struktural seperti indikator tata kelola dan PDB per kapita yang masih tertinggal dibandingkan negara peers.

Terkait pandemi Fitch menilai pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai kebijakan ekonomi dengan cepat. Memberikan dukungan mulai dari sektor rumah tangga, UMKM hingga korporasi.

Secara keseluruhan, jumlah dukungan pemerintah untuk mengatasi pandemi mencapai Rp695 triliun atau 4,4 persen dari PDB. Penyalurannya mencakup bantuan langsung tunai, penyediaan kebutuhan pokok, penyediaan jaminan, dan insentif perpajakan.

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini