Di tahun ini, sampah plastik di laut Indonesia akan lebih banyak dari jumlah ikan

Kamis, 8 Maret 2018 15:23 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Di tahun ini, sampah plastik di laut Indonesia akan lebih banyak dari jumlah ikan sampah laut. ©2017 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Staf Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Bidang Ekologi dan Sumber Daya Laut, Aryo Hanggono, menegaskan pemerintah berkomitmen mengurangi sampah plastik di lautan dan kawasan perairan nasional.

Sebab, sejumlah kajian menunjukkan bahwa bila tidak ada perubahan signifikan, maka dalam 2025 kawasan perairan atau lautan di Indonesia akan terdiri dari komposisi tiga banding satu untuk sampah berbanding ikan. Bahkan, pada 2050, bisa saja jumlah sampah tersebut melampaui stok ikan yang ada.

"Pemerintah akan mengurangi sampah plastik hingga 70 persen pada tahun 2025," katanya seperti dikutip Antara di Jakarta, Kamis (8/3).

Saat ini, menurut dia, juga sedang disusun rancangan peraturan presiden tentang pengelolaan sampah plastik di laut sebagai regulasi yang bakal mengoordinasikan antara pemerintah tingkat pusat dan pemda.

Aryo mengingatkan bahwa, sebagai perbandingan, bila kulit pisang sudah bisa terdegradasi atau terurai dalam dua pekan. Sementara, kantong plastik terurai antara 10-20 tahun, sedangkan botol plastik ada yang baru terurai hingga ratusan tahun lamanya.

Direktur Eksekutif Yayasan Kehati MS Sembiring mengingatkan bahwa Indonesia memiliki biodiversitas tertinggi di dunia. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini