Daftar Tempat Wisata di Jakarta yang Tetap Buka Saat Lebaran

Kamis, 13 Mei 2021 08:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Daftar Tempat Wisata di Jakarta yang Tetap Buka Saat Lebaran Ancol. Merdeka.com

Merdeka.com - Hari ini, masyarakat muslim tengah merayakan Hari Raya Idulfitri. Dalam perayaan ini, biasanya masyarakat berkumpul dengan keluarga. Namun, dengan adanya pandemi, masyarakat harus menahan rasa rindu lagi untuk pulang ke kampung halaman.

Meski begitu, masyarakat tetap bisa menikmati momen Lebaran dengan berlibur ke tempat wisata di wilayah mereka. Seperti di Jakarta, ada beberapa tempat wisata yang tetap buka saat Lebaran.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan bahwa seluruh tempat wisata yang berada di zona merah dan oranye harus tutup selama libur Lebaran 2021. Dia mengatakan kebijakan ini diputuskan dalam rapat terbatas Presiden Jokowi dengan para menteri, Senin 10 Mei 2021.

"Rapat terbatas kemarin juga memutuskan seluruh tempat wisata yang berada di zona merah dan orange akan ditutup," ujar Wiku dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (11/5).

Sementara itu, tempat wisata yang berlokasi di zona kuning dan hijau Covid-19 diperbolehkan tetap beroperasi. Namun, tempat wisata yamg buka wajib menerapkan pembatasan pengunjung maksimal 50 persen dari total kapasitas.

"Pemerintah meminta TNI-Polri tetap tegas dan konsisten dalam menegakkan kebijakan ini sesuai dengan peraturan yang berlaku," kata Wiku

Menurut dia, kebijakan ini merupakan komitmen pemerintah untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19. Wiku pun meminta pengelola tempat wisata yang ada di zona kuning dan hijau berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Daerah untuk memastikan penerapan protokol kesehatan oleh pengunjung.

Baca Selanjutnya: Ragunan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini