Cerita Investasi Raup Rp 1 Miliar ala Komika Raditya Dika

Rabu, 10 November 2021 08:00 Reporter : Anggun P. Situmorang
Cerita Investasi Raup Rp 1 Miliar ala Komika Raditya Dika Raditya Dika. ©2021 KapanLagi Youniverse

Merdeka.com - Raditya Dika dikenal sebagai sosok multitalenta di dunia hiburan dan industri kreatif. Dia dikenal sebagai seorang content creator, komika, penulis, dan juga aktor. Dengan banyaknya sumber penghasilan yang didapatkan dari beberapa profesi yang dijalaninya.

Bagaimanakah cara Raditya Dika mengelola keuangannya?

Dalam channel YouTube platform belajar investasi, Ternak Uang, suami dari Annisa Aziza tersebut mengungkapkan rahasia pengelolaan finansialnya. Raditya mengungkapkan, deposito jadi pilihan pertama untuk berinvestasi.

"Deposito menjadi pilihan investasi awal gue karena paling aman, dilanjutkan ke reksadana saham, reksadana pasar uang, dan reksadana saham individual. Namun hingga kini, semua investasi itu berjalan semua bersama-sama," katanya, ditulis Rabu (9/11).

Namun saat itu, lanjut Radit, dirinya tidak terlalu memperhatikan lalu lintas investasi yang dijalankannya lantaran sibuk dengan pekerjaannya. Namun berselang beberapa waktu, Radit mengaku terkejut saat menyadari bahwa saldonya sudah bertambah hingga mencapai Rp1 miliar. Baginya, tidak mudah mengumpulkan duit sebesar itu.

Seiring dengan bertambahnya usia, Raditya mulai menyadari pentingnya manajemen keuangan. Oleh karena itu, dia mulai memutar otak agar uang yang dimilikinya tetap 'bergerak'.

2 dari 2 halaman

Buka Beragam Keran Pendapatan

keran pendapatan

Sejak awal bekerja, Radit mencari cara untuk memiliki revenue stream (aliran pendapatan) yang banyak. Sebagai seorang storyteller, Radit memiliki beberapa opsi usaha seperti menjadi penulis skenario hingga komika.

Radit juga mengandalkan sumber pendapatan pasif, seperti pemasukan yang didapat dari adsense kontennya di media sosial, royalti buku, dan komisi yang diterima melalui iklan, sponsorship, ataupun saat menjadi talent.

Satu hal yang menarik, Radit mengakui bahwa dirinya tidak menyukai barang mewah, meskipun dirinya sanggup membeli barang tersebut. "Gue ga terlalu suka membeli barang mewah. Jika pun ada, biasanya karena dibelikan oleh Annisa (istri Raditya Dika). Kalau gue pribadi tidak terlalu suka. Intinya, gue lebih suka kebersamaan," ungkap Radit.

Radit mencontohkan, dirinya lebih suka mengeluarkan uang untuk hal-hal yang bisa dinikmati bersama, seperti makan bersama ataupun liburan bareng keluarga. Baginya, esensi kemewahan itu bukan berasal dari kepemilikan atas barang-barang dengan harga mahal/brand terkenal.

Dengan bijak, sutradara film 'Koala Kumal' itu mengatakan bahwa tujuan akhir keuangan dalam kehidupannya adalah untuk membeli kebebasan di hari tua. Menurutnya, end goal yang ingin dicapainya adalah membeli waktu sebanyak-banyaknya. Maka dari itu, dia mempersiapkan tujuan keuangannya untuk membebaskan waktu di masa tuanya mendatang.

Baca juga:
Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Berhenti Kerja
Hindari Kesalahan Fatal Ini Saat Pakai Dana Darurat
OJK: Pilih Asuransi Sesuai Kemampuan Bukan Karena Ada Promo
Jawab Dulu Pertanyaan ini Sebelum Putuskan Pinjam Uang dari Pinjol
Bagaimana Nasib Dana Tabungan di Bank Jika Pemilik Rekening Meninggal?
Tips Liburan ala Raffi Ahmad: Nabung dan Sesuai Kantong
Mantan Pegawai Amazon Belajar Soal Bangun Startup dari Jeff Bezos

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini