Celana bola produk LP Cipinang di ekspor ke Nigeria

Rabu, 11 Desember 2013 17:04 Reporter : Idris Rusadi Putra
Celana bola produk LP Cipinang di ekspor ke Nigeria LP Cipinang. Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Kehidupan narapidana di penjara biasanya digambarkan penuh dengan kesempitan, ketidakbebasan dan kesengsaraan. Namun, siapa yang menyangka, dibalik penggambaran itu semua masih terselip kreativitas yang menembus dinding penjara.

Direktur Bina Narapidana dan Pelayanan Tahanan Kementerian Hukum dan HAM Tuti Nurhayati mengatakan penghuni Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang kelas I bisa menghasilkan celana bola yang berkualitas. Tak tanggung-tanggung, celana bola tersebut dijual hingga Nigeria.

"Celana boxer untuk bola ke Nigeria ini sudah lima tahun lalu. Produk dari Lapas Cipinang Kelas 1," ucap Tuti saat pameran Katumbiri dan Napi Craft di Jakarta Convention Center, Rabu (11/12).

Selama ini permintaan produk tersebut di luar negeri cukup tinggi. Untuk memenuhinya, pengelola LP Cipinang telah bekerja sama dengan eksportir.

"Setahun cukup banyak kita ekspor bisa beberapa kontainer. Dan di lapas sudah seperti perusahaan di dalam sana," katanya.

Menurutnya, jalur ekspor produk tersebut dibuka oleh warga negara Nigeria yang pernah di tahan di LP Cipinang.

"Bukan pihak lapas yang ekspor, tapi perusahaan yang ekspor. Pihak lapas hanya menyediakan tenaga kerja dan tempat," katanya.

Selain celana bola, LP Cipinang juga memproduksi kipas, bekerja sama dengan LP di Bali. [yud]

Topik berita Terkait:
  1. Ekspor Impor
  2. Pameran
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini