Bos Garuda Indonesia Sebut Penerbangan Domestik Jadi Harapan Maskapai RI

Kamis, 18 November 2021 14:34 Reporter : Merdeka
Bos Garuda Indonesia Sebut Penerbangan Domestik Jadi Harapan Maskapai RI Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra. ©2020 Liputan6.com/Tira Santia

Merdeka.com - Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, penerbangan domestik masih memberikan harapan bagi maskapai penerbangan nasional. Kuncinya, ada pada soliditas para pelaku di industri penerbangan.

Selain itu, sektor kargo dan penerbangan charter juga memiliki prospek baik di masa pandemi. Dia optimis ke depannya permintaan untuk pemanfaatan jasa penerbangan akan berangsur meningkat.

"Pasar penerbangan domestik masih berikan harapan bagi maskapai penerbangan nasional pun demikian kargo udara dan charter flight kian prospektif di tengah pandemi. Hal itu mendasari keyakinan bahwa momentum industri penerbangan kembali reborn dapat terus diakselerasi secara komprehensif melalui soliditas seluruh pelaku industri," katanya dalam pembukaan RUA Indonesia National Air Carriers (INACA), Kamis (18/11).

Dia menilai sebaran vaksinasi mampu menjadi game changer dalam industri penerbangan karena dengan semakin banyak yang telah mendapatkan suntikan vaksin, maka herd imunity akan cepat terbentuk.

"Pandemi ini mengingatkan kita dalam menghadapi turbulensi yang mungkin akan terjadi di masa depan. Oleh karenanya perlu dipahami bersama mitigasi risiko harus dipastikan kita semakin agile," katanya.

Menurutnya, manajemen risiko sangat perlu dilakukan oleh industri penerbangan dalam menghadapi pandemi. Salah satunya, melalui proses mitigasi risiko yang dilakukan secara terencana, komprehensif, dan terintegrasi.

"Seluruh stakeholder penerbangan diharapkan tak hanya menerapkan manajemen risiko tapi juga dapat mampu membudaya risiko dalam organisasi. Maka organisasi akan memiliki ketahanan dalam menghadapi berbagai risiko dan mengurangi dampaknya, sehingga tiap organisasi akan lebih tanggap terhadap berbagai turbulensi," imbuhnya.

Dia juga berharap ke depannya, berbagai pihak yang terlibat dalam industri penerbangan mampu mengantisipasi dan beradaptasi dengan krisis pasca pandemi dan tantangan lainnya kedepan. Selain bertahan, Irfan berharap sektor ini juga mampu untuk tetap tumbuh di sela-sela krisis.

Reporter: Arief Rahman H.

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Menhub Budi Fokus Pulihkan Industri Penerbangan
Menhub Budi Minta INACA Dukung Konektivitas di Daerah Terpencil
Garuda Tutup 97 Rute Penerbangan
Garuda Indonesia
Garuda Indonesia
Cara Terbebas Cek Kartu Identitas dan Boarding Pass di Bandara Soekarno-Hatta
Intip Sekolah Penerbangan di Filipina

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini