Bos Bappenas: PLTU Gorontalo Dorong Tumbuhnya Industri dan Bisnis

Minggu, 16 Agustus 2020 18:15 Reporter : Merdeka
Bos Bappenas: PLTU Gorontalo Dorong Tumbuhnya Industri dan Bisnis Menteri Suharso Monoarfa. ©Lutfi/Humas Ekon

Merdeka.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa meresmikan operasional Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Gorontalo, dengan kapasitas 2x25 Mega Watt (MW) yang berlokasi di Desa Ilangata, Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

"PLTU Gorontalo diharapkan dapat mendorong tumbuhnya investasi berupa industri dan bisnis sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat. Apabila industri semakin besar maka akan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat di Gorontalo," kata Suharso dalam keterangan tertulisnya, Minggu (16/8).

Menurutnya, tambahan pasokan listrik dari PLTU Gorontalo meningkatkan daya mampu listrik sub sistem kelistrikan Gorontalo menjadi 176 MW dengan beban puncak sebesar 98 MW. Sehingga terdapat cadangan daya sebesar 78 MW yang dapat digunakan untuk mendukung investasi.

Pasokan listrik dari PLTU Gorontalo juga dapat digunakan untuk melistriki 138.889 pelanggan rumah tangga dengan daya 900 Volt Ampere.

Dalam kesempatan yang sama, General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Sulawesi Bagian Utara (UIP Sulbagut), Mimin Insani, mengatakan beroperasinya PLTU Gorontalo juga menurunkan Biaya Pokok Produksi (BPP) melalui penghematan penggunaan BBM sebesar 130,5 kiloliter/hari.

"Hingga awal Agustus, PLTU Gorontalo telah memproduksi energi listrik lebih dari 350 Juta kWh," ujar Mimin.

Baca Selanjutnya: Subtitusi Batubara...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Bappenas
  3. PLN
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini