BI Sebut Presidensi G20 Dorong UMKM Manfaatkan Teknologi

Jumat, 27 Mei 2022 19:14 Reporter : Siti Nur Azzura
BI Sebut Presidensi G20 Dorong UMKM Manfaatkan Teknologi Gubernur BI Perry Warjiyo. ©handout/Bank Indonesia

Merdeka.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, Presidensi G20 Indonesia terus mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terutama yang dimiliki oleh perempuan dan pemuda untuk memanfaatkan teknologi digital.

"Negara-negara G20 juga terus mendorong pemanfaatan digitalisasi untuk mencapai inklusi keuangan, melalui penyusunan pedoman implementasi G20 High Level Principle for digital financial inclusion," kata Perry di Jakarta, dikutip Antara, Jumat (27/5).

Selain itu, Presidensi G20 Indonesia juga mendorong agar negara-negara G20 mengembangkan database mengenai produk dan layanan keuangan keuangan di luar kredit untuk meningkatkan pembiayaan UMKM. Hal ini agar UMKM dapat menggunakan dana dari pembiayaan tersebut untuk meningkatkan kapasitasnya.

"Produk dan layanan yang dibutuhkan antara lain produk pembayaran, penjaminan kredit, asuransi, dan produk serta layanan non keuangan yang mendukung UMKM seperti manajemen keuangan dan literasi serta edukasi keuangannya," katanya.

Selanjutnya Presidensi G20 Indonesia juga mendorong penyusunan tool kit sebagai petunjuk pelaksanaan bagi regulator untuk mempersiapkan ekosistem keuangan digital yang aman dan ramah bagi UMKM. Di samping itu harmonisasi data UMKM juga terus dilakukan untuk membantu regulator memberikan pelayanan bagi pelaku usaha mikro dan kecil yang kurang terlayani.

"Selain itu terus dilakukan dorongan pada pembuat regulasi untuk mempermudah pelaku industri mencapai keseimbangan, antara lain melakukan inovasi untuk mempromosikan inklusi keuangan digital, termasuk mengenali, menilai, memantau, dan mengelola risiko yang muncul, dan melakukan perlindungan konsumen," katanya. [azz]

Baca juga:
Jokowi Dinilai Bawa Posisi Indonesia Kian Strategis di Mata Dunia
Presidensi G20, Wakil Rektor Unud Nilai Jokowi Tunjukkan Kredibilitas Indonesia
Melalui G20, Pemprov Bali Sebut Jokowi Bawa Dampak Ekonomi Bagi Masyarakat
Terungkap, Ini Alasan Pemerintah Undang Vladimir Putin di KTT G20 Bali
DFSK Gelora E Dukung Program Kendaraan Ramah Lingkungan di KTT G20, Bali
UMKM Terdampak Pandemi, Presidensi G20 Indonesia Diharap Beri Terobosan Kebijakan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini