KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Berburu barang lelang harga miring di Pegadaian

Jumat, 19 Juli 2013 10:50 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - Pegadaian saat ini masih menjadi primadona mendapatkan uang instan. Masyarakat bisa menggadaikan barang mereka dengan uang tunai yang kemudian harus ditebus kembali untuk mengambilnya.

Namun demikian, Pegadaian akan melelang barang nasabah jika tidak ditebus pada waktu yang ditetapkan. Menurut Direktur Utama Pegadaian, Suhwono, barang yang digadai akan dilelang setelah diberi waktu 2 minggu dari waktu yang ditetapkan untuk ditebus.

"Barang kita kelang biasanya memang gak ditebus sama pemilik. Kita kasih waktu 2 minggu, kalau ga datang juga biasanya langsung kita pajang. Itu hak pegadaian," ucapnya di Jakarta, Kamis (18/7).

Barang ini akan dilelang dan dipajang di cabang Pegadaian yang mempunyai show case atau etalase untuk barang lelang. Barang yang dilelang juga beragam dan dengan harga yang berbeda-beda.

"Harganya ikutin pasar. Emas misalnya ikutin harga pasar. Ada diskon tapi size dan desain emas menentukan harga jual, jadi seiring kali hanya compare harga per gram dengan Pegadaian," jelasnya. Barang yang dilelang mulai dari barang elektronik sampai emas perhiasan.

Suhwono menyebut hampir setiap hari pihaknya melelang barang nasabah di kantor cabang tertentu karena tidak ada tebusan. "Setiap hari ada barang yang dilelang. TV dan sepeda kecil untuk di Jakarta, tapi kebanyakan di daerah," tambahnya.

Keuntungan membeli barang lelang di Pegadaian adalah bagi pembeli bisa kembali menggadaikan barang tersebut. Bahkan ada beberapa item atau barang yang bisa dibeli dengan mekanisme cicil dan dibayar setengah harga dulu.

"Kalau yang belum punya uang cukup untuk barang tertentu, boleh setengah dulu, sisanya baru setelah punya uang, tidak perlu cash," tutupnya. [bmo]

Topik berita Terkait:
  1. Pegadaian

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.