BBM mahal, Sido Muncul manfaatkan limbah pabrik

Jumat, 25 April 2014 15:33 Reporter : Novita Intan Sari
BBM mahal, Sido Muncul manfaatkan limbah pabrik jamu. shutterstock

Merdeka.com - PT Sido Muncul Tbk (SIDO) telah memanfaatkan limbah pabrik sebagai sumber energi untuk memproduksi jamu dan obat-obatan. Limbah pabrik ini lebih murah ketimbang bahan bakar minyak dan gas bumi.

"Suatu hari nanti harga bahan bakar minyak dan gas akan meningkat. Kami tidak bisa selamanya menggunakan bahan bakar fosil untuk menopang operasional perusahaan," 

kata Direktur Utama Sido Muncul Irwan Hidayat, di Jakarta, Jumat (25/4).

Menurutnya, volume limbah yang bisa diolah mencapai 35 ton per hari. Namun, Sido Muncul baru bisa mengolah 12 ton limbah per hari.

 "Agar seluruh limbah yang dihasilkan bisa dimanfaatkan, perseroan perlu menambah 4-5 mesin lagi," jelas dia. Satu mesin membutuhkan biaya investasi Rp 1,2 miliar.

Irwan mengungkapkan Sido Muncul tengah membidik pasar Asean dan Jepang. Untuk itu, Sido Muncul akan bekerja sama dengan perusahaan Thailand dan Jepang.

"Perusahaan Jepang ingin Sido Muncul menjual produk-produk mereka di Indonesia. Sebaliknya, dia akan menjual produk Sido Muncul di Jepang," jelas dia.

Adapun perusahaan Thailand bakal berperan menjadi distributor produk Sido Muncul untuk pasar Thailand, Vietnam, dan Kamboja. "Saat ini prosesnya baru mulai penjajakan," jelas dia.

Baca juga:
Asuransi ini tanggung biaya pengobatan alternatif
Ketahui 4 manfaat kesehatan utama dari lidah buaya

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pengobatan Tradisional
  3. Kimia Farma
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini