Bank Indonesia: Dunia Usaha Sudah Mulai Kembali Produksi di Awal 2021

Selasa, 4 Mei 2021 16:45 Reporter : Anisyah Al Faqir
Bank Indonesia: Dunia Usaha Sudah Mulai Kembali Produksi di Awal 2021 Industri. bahanbakar.com

Merdeka.com - Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo menyebut bahwa dunia sudah mulai kembali berproduksi memasuki 2021, terutama yang memiliki pasar di luar negeri.

"Survei Bank Indonesia menunjukkan perbaikan di periode kuartal 1 dan kuartal 2 awal," kata Dody dalam Webinar Menakar Efektivitas Stimulus Ekonomi, Jakarta, Selasa (4/5).

Meski belum melakukan investasi, dengan adanya kelonggaran kebijakan dari pemerintah seperti pembiayaan yang digunakan untuk meningkatkan kapasitas produksi membuat dunia usaha kembali bergairah.Kondisi ini banyak dimanfaatkan korporasi untuk mulai memanfaatkan kapasitas yang ada.

Hanya saja, dari sisi utilisasi menunjukkan peningkatan yang masih terbatas. Namun, dengan adanya geliat ini, Dody berharap korporasi mulai mengajukan pembiayaan modal kerja kepada perbankan.

Bank Indonesia sebagai regulator mengambil peran untuk mempertemukan dunia usaha dengan perbankan. Bank sentral memberikan informasi terkait sektor mana saja yang memang masih berpotensi untuk diberikan pembiayaan modal kerja. Sebab, likuiditas perbankan sangat mencukupi untuk memberikan pembiayaan.

"Ini perlu ada jembatan untuk memotong asimetrik. Perbankan mau kasih pinjaman tapi enggak tau sektor mana yang butuh pembiayaan dengan cost tinggi perbankan," kata Dody.

Untuk itu, bank sentral melakukan pengelompokan pelaku usaha berdasarkan sektor prioritas, kondisi perusahaan, produktivitas dan berkontribusi pada pasar ekspor. Setidaknya ada 21 sektor dan 38 sub sektor yang telah terpetakan.

Sektor tersebut saat ini juga dalam pantauan pemerintah dan regulator agar bisa diberikan insentif atau direkomendasikan untuk menerima pembiayaan dari perbankan. Cara ini dianggap bisa membantu mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi nasional di masa pandemi.

"Ini dipandang sebagai penarik (pertumbuhan ekonomi) kalau pembiayaan dikasih ke sektor tersebut," kata Dody mengakhiri. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini