5 Pembayaran unik di dunia, dari senyum hingga tatapan mata

Senin, 6 November 2017 08:00 Reporter : Siti Nur Azzura
ilustrasi transaksi online. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Perkembangan teknologi di dunia ini nyatanya sudah merubah seluruh aspek kehidupan manusia. Nyaris hampir semua yang dulu dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu lama, sekarang bisa dalam sekejap mata dan praktis.

Seperti halnya pembayaran transaksi yang belakangan ini semakin sederhana dan terbilang cepat serta tidak membuat repot. Dengan inovasi yang terus berkembang, teknologi pembayaran ini pun semakin membuat penggunanya dengan senang hati beralih ke sistem pembayaran non tunai.

Bagaimana tidak? Dengan sistem pembayaran yang unik, akan membuat orang gemar transaksi nontunai karena terkesan lucu. Dan yang terpenting adalah memudahkan. Seperti dikutip Cermati, berikut ini 9 pembayaran unik dan canggih di dunia.

Bayar dengan Senyum (Smile to Pay)

Baru-baru ini restoran cepat saji (fast food) asal Amerika Serikat, KFC, di Tiongkok menerapkan pembayaran non tunai yang terbilang unik dan lucu. Bagaimana tidak? Orang yang membeli menu di restoran KFC kota Hangzhou ini hanya membayar dengan senyuman.

Sistem pembayaran ini menggunakan teknologi pengenalan wajah (face recognition system). Cara pembayaran terbaru yang dikembangkan Yum China Holdings Inc., ini bernama Smile to Pay (membayar dengan senyuman), yang bekerjasama dengan Ant Financial dalam membangun face recognition software.

Cara kerjanya adalah dengan memindai wajah konsumen untuk membayar menu yang dibeli. Kemudian nomor ponsel konsumen tersebut dimasukkan. Tujuannya, agar terhindar dari penipuan dan pemalsuan identitas, karena alat pindai wajah ini dikombinasikan dengan kamera 3D dan deteksi algoritma. Untuk itu, Smile to Pay ini tidak bisa digunakan oleh orang lain. [azz] SELANJUTNYA

Topik berita Terkait:
  1. Online Shop
  2. Teknologi
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini