3 Hal Penting yang Tak Boleh Dilewatkan Anak Muda saat Punya Gaji Sendiri

Selasa, 28 Juni 2022 00:01 Reporter : Iwan Tantomi
3 Hal Penting yang Tak Boleh Dilewatkan Anak Muda saat Punya Gaji Sendiri ©Shutterstock.com

Merdeka.com - Tak ada yang lebih menyenangkan bagi siapapun, termasuk anak muda, selain saat sudah punya gaji sendiri. Apalagi jika pekerjaannya sesuai dengan yang diharapkan selama ini. Kerja pun dapat dilakukan dengan senang hati. Walhasil, saat menerima gaji, rasanya ada semacam kepuasan tersendiri.

Dengan punya gaji sendiri, segala kebutuhan kini bisa dibeli secara mandiri. Namun, jangan hanya terlena dengan nominalnya, lebih-lebih jika tinggalnya di kota besar, hingga beli ini itu tanpa kontrol sama sekali. Makanya, supaya gaji tak lewat begitu saja, milenial wajib memperhatikan beberapa hal penting ini.

Mengelola Keuangan Biar Terhindar dari Tanggal Tua

dana baru
©Shutterstock.com

Setelah memiliki gaji sendiri, hal penting yang wajib diperhatikan oleh milenial adalah bagaimana cara mengelola keuangan tersebut. Tujuannya, agar kebutuhan selama satu bulan lamanya atau sampai gajian tanggal berikutnya tiba, bisa tercukupi dengan baik. Degan begitu, risiko tanggal tua pun bisa dihindari.

Ambil contoh begini, saat gajian tiba, prioritaskan untuk memenuhi melunasi tagihan terlebih dulu. Dari membayar biasa sewa kos, bayar listrik, air, hingga internet. Jika sudah alokasikan dana untuk konsumsi hingga transportasi sehari-hari, kalikan sebulan. Dari situ akan diketahui berapa pengeluaran wajib yang harus dipenuhi setiap bulannya.

Menyiapkan Investasi untuk Masa Depan yang Lebih Pasti

dana baru
©Shutterstock.com

Apabila rancangan keuangan bulanan sudah terkonsep dengan baik, selanjutnya adalah mengelola sisa dana dari gaji setiap bulannya. Dana tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekunder maupun tersier, macam liburan sesekali, beli baju dan sejenisnya. Sisanya lagi manfaatkan untuk menabung dan investasi.

Meski diambil dari sisa gaji setelah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pokok, bukan artinya menabung menunggu akhir bulan. Justru setelah semua rencana keuangan jelas peruntukannya, segera simpan uang yang dialokasikan untuk investasi atau tabungan, setelah gajian tiba. Paling tidak, jumlah investasi ini sekitar 20% dari jumlah gaji.

Walau nominalnya mungkin tidak begitu besar, investasi punya banyak keuntungan di masa depan. Sebab, dana yang terkumpul bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan beragam mimpi, seperti bayar DP rumah, membeli cincin tunangan, bayar tempat resepsi pernikahan, dan sebagainya, di kemudian hari.

Pilih Aplikasi Keuangan yang Terjamin Keamanannya Saat Bertransaksi

dana baru
©Shutterstock.com

Di samping harus pintar mengelola keuangan dan melek investasi sejak dini, anak muda terutama milenial juga harus jeli menentukan aplikasi keuangan. Bukan yang sekadar praktis, tetapi juga menjamin keamanannya saat bertransaksi. Dengan begitu, risiko kerugian akibat kehilangan uang karena alasan tidak terduga, bisa dihindari.

Urusan satu ini, masyarakat khususnya anak muda bisa memanfaatkan aplikasi DANA. Pasalnya, DANA memiliki sistem keamanan berlapis & dinamis, yakni DANA Protection, yang akan melindungi setiap transaksi. Salah satu contohnya ialah dengan adanya PIN DANA, Kode OTP, dan DANA Viz (fitur Verifikasi Wajah di DANA).

dana baru

Pengguna juga tidak perlu khawatir saat terjadi kendala saat bertransaksi. Di DANA, ada fitur Pusat Resolusi yang bisa membantu masalah pengguna. Di fitur ini, pengguna bisa langsung melaporkan kendala sekaligus mengecek proses penyelesain kendala tersebut. Gak cuma itu aja, pengguna pun juga bisa menghubungi DANA Customer Care 24 Jam yang sigap membantu kapanpun dibutuhkan.

Hasilnya, pengguna bisa tenang dan Bebas Cemas saat bertransaksi keuangan menggunakan aplikasi DANA.

Yuk, download aplikasi DANA sekarang juga!

[tmi]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini