Sosok 2 Mantan Panglima TNI Dipercaya Jokowi, Duduki Kursi Penting di Kabinet

Selasa, 21 Juni 2022 13:50 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Sosok 2 Mantan Panglima TNI Dipercaya Jokowi, Duduki Kursi Penting di Kabinet Hadi Tjahjanto Dilantik jadi Menteri ATR. Liputan6 ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin diisi oleh berbagai latarbelakang profesi. Salah satunya dari kalangan militer.

Dari beberapa pensiunan tentara yang duduk di kursi pemerintahan, dua di antaranya adalah mantan Panglima TNI. Kedua jenderal bintang empat ini menempati posisi penting di kabinet.

Kini dua mantan Panglima TNI ini disibukkan dengan berbagai tugas dari presiden. Berikut ulasannya, Selasa (21/6).

2 dari 3 halaman

Jenderal TNI (Purn) Moeldoko

kepala staf kepresidenan moeldoko

©2022 Merdeka.com

Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dipercaya menjadi Kepala Staf Kepresidenan sejak periode pertama pemerintahan Jokowi. Sebelum terjun ke politik, Moeldoko berkarier di dunia militer.

Karier Moeldoko di militer sangat cemerlang. Berbagai posisi penting ditempatinya hingga menduduki puncak karier di militer sebagai panglima TNI.

Menjadi Panglima TNI merupakan cita-citanya sejak dinyatakan lulus dari Akademi Militer. Setelah berjuang selama 32 tahun, akhirnya keinginan tersebut terwujud.

"Alhamdulillah, 32 tahun kemudian, tepatnya tahun 2013 cita-cita itu terwujud. Tentu saja melalui kerja keras, terus belajar, dan disiplin. Dari situ saya percaya bahwa cita-cita itu harus diperjuangkan. Yakinlah," tulisnya.

Kerja keras Moeldoko patut ditiru. Meski terlahir dari keluarga petani tak menyurutkan langkah Moeldoko menggapai cita-citanya.

Bahkan Moeldoko pernah mendapat julukan sebagai anak dusun yang memiliki karier cemerlang. Tentunya keberhasilan itu kebanggaan yang terkira baginya dan juga keluarga.

"Seorang kawan mengirimkan foto lama, saat saya wisuda Akmil tahun 1981. Sebagai remaja yang lahir dan besar dari keluarga petani, lulus akademi militer saja sudah menjadi kebanggaan besar bagi saya," tulis Moeldoko dalam keterangan foto yang diunggahnya beberapa waktu lalu.

3 dari 3 halaman

Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto

Selain Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, sosok pensiunan TNI yang dipercaya presiden Jokowi membantu di kabinet adalah Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto. Sejak Rabu (15/6) lalu, Hadi resmi menjadi Menteri Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).

hadi tjahjanto dilantik jadi menteri atr
Liputan6 ©2022 Merdeka.com

Sebelum itu, Hadi merupakan Panglima TNI. Dia pensiun dari TNI pada 2021 silam. Setelah pensiun Hadi lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga di Malang.

Namun kini, Hadi kembali disibukkan dengan berbagai tugas dari Jokowi di Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR).

Pada awal kariernya, Hadi menjadi pilot di Skuadron 4 yang bermarkas di Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur. Kala itu, dia bertugas membawa pesawat angkut ringan Cassa.

Selama di Malang Hadi meniti karier dari Kepala Seksi Latihan sampai Komandan Flight Ops A Flight Skuadron Udara. Setelahnya dia diangkat sebagai perwira menengah di Dinas Administrasi dan Pangkalan Udara (Disminpersau).

Karier Hadi Tjahjanto terbilang moncer di satuannya. Terbukti sejumlah jabatan penting di kesatuannya telah dirasakan. Nama Hadi makin menjadi perhatian publik saat diangkat menjadi Dinas Penerangan TNI AU.

Baca juga:
Momen Ultah Jessica Tanoesoedibjo ke-28, Dirayakan Penuh Cinta Bersama Suami & Family
Gaspol! Kapolres Metro Bekasi Vs Wakapolres Adu Cepat di Lintasan Balap
Pensiunan Pati Polri Turun ke Sawah, Kenang Masa Lalu Main Lumpur & Naik Kerbau
Mengenal Tri Bawono, Taruna AAU Pertama Dikirim ke AU Amerika Bikin Bangga

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini