Puluhan Tahun Hidup di Hutan & Pertama Kali Ke Jakarta, Mak Otoh Ingin Ketemu Jokowi

Jumat, 1 Juli 2022 09:32 Reporter : Mutia Anggraini
Puluhan Tahun Hidup di Hutan & Pertama Kali Ke Jakarta, Mak Otoh Ingin Ketemu Jokowi Puluhan Tahun Hidup di Hutan & Pertama Kali Ke Jakarta. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Siti Masitoh 'Mak Otoh' merupakan gambaran dari sosok wanita yang teguh. Kendati merupakan kaum difabel, namun sosoknya begitu menginspirasi.

Hal tersebut yang turut membuat Merdeka.com mengapresiasi kerja keras Mak Otoh. Belum lama ini, Mak Otoh diundang ke Ibu Kota Jakarta guna menerima penghargaan.

Pertama kali ke Jakarta, Mak Otoh menyebut ingin bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Berikut ulasan selengkapnya, dilansir dari kanal YouTube MerdekaDotCom, Jumat (1/7/22).

2 dari 5 halaman

Pertama Kali ke Ibukota Jakarta

Mak Otoh (65) merupakan warga Kampung Panagan, Desa Mekarjaya, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Mak Otoh memang seorang warga biasa.

Namun, kiprahnya bagi lingkungan sekitar justru tak bisa dianggap enteng. Di usianya yang telah lanjut, Mak Otoh tak segan untuk mengajari anak-anak kecil belajar membaca Alquran.

Lantaran hal itu, Mak Otoh lantas berhasil membawa penghargaan dari Merdeka Award. Dia didapuk menjadi sosok difabel inspiratif.

puluhan tahun hidup di hutan amp pertama kali ke jakarta
YouTube MerdekaDotCom ©2022 Merdeka.com

Bertolak dari kampung halaman ke Ibu Kota, Mak Otoh mengaku baru pertama kali ke Jakarta. Hal itu pun turut diungkap Mak Otoh seorang diri kala memberikan sambutan usai menerima penghargaan.

"Baru pertama Mak Otoh ke Jakarta," ungkapnya.

3 dari 5 halaman

Ingin Ketemu Jokowi

Bertandang ke Ibu Kota membuat Mak Otoh memiliki keinginan mendalam. Secara langsung, Mak Otoh menyebutkan soal keinginannya tersebut di hadapan tamu hadirin.

Kala itu, Mak Otoh berbicara langsung pada agenda Merdeka Award yang berlangsung di Gedung Paviliun Provinsi Smesco-Nareswara Hall, Lantai 4, Jakarta dengan tema "Inspirasi Indonesia", Kamis (30/6).

ma otoh guru ngaji tunanetra di garut
©2022 Merdeka.com/Mochammad Iqbal

Tak muluk-muluk, Mak Otoh ingin bertemu sosok orang nomor 1 di Indonesia. Hal itu diungkap Mak Otoh usai memberikan ucapan terima kasih kepada Wakil Presiden Amin Ma'ruf untuk segala dukungan yang telah diberikan.

"Terimakasih kepada bapak wakil presiden sudah membantu kepada Mak Otoh, terima kasih. Mak Otoh ingin bertemu dengan bapak Presiden," terangnya.

4 dari 5 halaman

Sedih Tak Dapat Melihat Keindahan Jakarta

Mak Otoh yang memiliki keterbatasan penglihatan sedari kecil membuat dirinya merasa sedih. Hal tersebut disampaikan Mak Otoh tatkala menceritakan soal kedatangannya ke Ibu Kota Jakarta.

ma otoh guru ngaji tunanetra di garut
©2022 Merdeka.com/Mochammad Iqbal

Datang pertama kali ke Jakarta, namun Mak Otoh justru merasa pilu lantaran tak mampu memandang keindahan lingkungan sekitar.

"(Memiliki) keterbatasan mata, Mak Otoh sedih enggak tahu keindahan di Jakarta, gak tahu keindahan di hotel-hotel," ucap Mak Otoh.

5 dari 5 halaman

Difabel Inspiratif

Di balik keterbatasannya yang tidak bisa melihat sedari kecil, sudah 50 tahun Siti Masitoh atau Mak Otoh mengajar ngaji kepada anak-anak. Biasanya, seorang disabilitas hidupnya sangat tergantung kepada sekitar.

Bagi Mak Otoh, biar saja matanya yang buta, tapi tidak mampu membutakan hatinya. Diketahui, Mak Otoh kini telah menempuh setengah abad untuk mengajar ngaji serta memberi motivasi anak-anak guna menempuh pendidikan.

ma otoh guru ngaji tunanetra di garut

©2022 Merdeka.com/Mochammad Iqbal

Awal cerita, Mak Otoh menyebut jika dirinya telah mengalami keterbatasan tersebut sejak usianya masih 3 tahun. Kala itu, matanya disebut pecah saat mengalami penyakit cacar.

Namun, hal tersebut tak menyurutkan semangat Mak Otoh. Ujian hidup seolah menjadi teman setia perjalanan sejarahnya. Berbekal hal tersebut, Mak Otoh tampil menjadi perempuan tangguh yang kelak mampu mengubah masyarakat.

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini