Kisah Patih Riau Lulus AAL Raih Adhi Prasta 2022, Bapaknya Tukang Bersih Tangki

Selasa, 5 Juli 2022 08:00 Reporter : Mutia Anggraini
Kisah Patih Riau Lulus AAL Raih Adhi Prasta 2022, Bapaknya Tukang Bersih Tangki Kisah Patih Riau Lulus AAL Raih Adhi Prasta 2022. Instagram/@patihagp ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Wisuda Sarjana Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-67 tahun 2022 telah berlangsung di Gedung Maspardi, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Jum’at (24/6) lalu.

Sosok Sermatutar (T) Patih Riau Agung Purba sukses menyabet penghargaan bergengsi Adhi Prasta. Tak disangka, Patih Riau merupakan putra dari seorang tukang pembersih tangki.

Lantas, seperti apa kisahnya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

2 dari 5 halaman

Peraih Adhi Prasta AAL 2022

Sermatutar (T) Patih Riau Agung Purba merupakan satu di antara ratusan taruna AAL yang berhasil lulus dan melaksanakan wisuda. Bukan hanya sekadar lulus, putra daerah asal Dumai tersebut turut menorehkan prestasi.

Taruna kelahiran 29 September 1999 itu berhasil merebut penghargaan Adhi Prasta. Sekadar informasi, Adhi Prasta merupakan salah satu penghargaan mentereng bagi para taruna yang menjadi idaman di setiap penutupan pendidikan militer AAL.

kisah patih riau lulus aal raih adhi prasta 2022
Instagram/@patihagp ©2022 Merdeka.com

Patih Riau diketahui berhasil menjadi lulusan terbaik melalui Korps Teknik. Dia pun turut didapuk menjadi lulusan dengan predikat cumlaude.

Putra dari pasangan Rolan Purba dan Rohani Sianturi itu membuat banyak orang merasa terkagum. Bukan hanya cerdas, namun sosok pria berpenampilan gagah tersebut juga memiliki kesederhanaan dalam menjalani hidup.

3 dari 5 halaman

Putra Tukang Bersih Tangki

Siapa sangka, di balik prestasinya yang luar biasa, ada sosok yang paling berjasa di hidupnya. Mereka tak lain adalah kedua orangtua Patih Riau.

Baginya, tak ada yang mampu mengantarkan dirinya hingga ke tahap saat ini jika bukan perjuangan keras serta didikan dari kedua orangtua. Dorongan dan dukungan agar tetap fokus mengejar impian selalu digaungkan kedua orangtua.

kisah patih riau lulus aal raih adhi prasta 2022

Instagram/@patihagp ©2022 Merdeka.com

Kendati dalam kesederhanaan hidup, namun Patih Riau mampu tumbuh menjadi sosok pria yang berpikiran positif serta penuh energi untuk meraih asa. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, ayah dari Patih Riau rela menjadi tukang bersih tangki.

"Anak tukang bersih tangki raih Adhi Prasta," demikian dikutip dari keterangan video dalam akun Instagram @tni_angkatan_laut.

"Di awal pendidikan, saya membentuk mindset positif dan ditanam di dalam diri bahwa saya memiliki kesempatan yang sama untuk meraih prestasi, tidak peduli latar belakang orang tua kita apa, keluarganya siapa, semua memiliki kesempatan yang sama, nah startnya dimulai dari diri sendiri," ujar Patih, dilansir dari laman web.dumaikota.go.id.

4 dari 5 halaman

Ungkapan Rasa Syukur Patih Riau

Bukan hanya membanggakan saat ini saja. Sosok Patih Riau rupanya beberapa kali berhasil menorehkan prestasi.

Saat duduk di bangku SMA, Patih Riau berhasil menjuarai Lomba Vokal Solo Putra pada ajang FLS2N Riau pada tahun 2016 silam. Kepiawaian Patih Riau dalam menangkap peluang dan mengejar cita-cita rupanya telah dilatih sejak dini.

kisah patih riau lulus aal raih adhi prasta 2022
Instagram/@patihagp ©2022 Merdeka.com

Atas karunia penghargaan Adhi Prasta saat kelulusannya, Patih Riau turut mengungkap rasa syukur. Momen kelulusan yang tentu tak mudah untuk didapatkan itu disebut Patih Riau sebagai salah satu hari terindah.

"Terimakasih buat Tuhan Yesus Kristus yang senantiasa ada dalam setiap langkah dan rencanaku.
Hari ini adalah salah satu hari terindah yang pernah ada dalam hidupku," tulisnya dalam akun Instagram resmi miliknya @patihagp.

"4 tahun bukanlah waktu yang singkat. Banyak tantangan maupun hal2 baru yang menjadi guru terbaik dalam proses penyelesainnya. Aku sangat bersyukur bisa sampai Sampai dititik ini. Teruslah belajar dan teruslah berproses. Officially Patih Riau Agung Purba S.Tr.Han," imbuhnya.

5 dari 5 halaman

Video

Wisuda bagi taruna AAL angkatan ke-67 telah usai.

Patih Riau berhasil membanggakan kedua orangtua. Patih Riau seolah menjadi bukti, apa pun kondisi kedua orangtua tak serta merta menghalangi proses pencapaian setiap anak.

Berikut video selengkapnya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by TNI ANGKATAN LAUT (@tni_angkatan_laut)

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini