Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Global Warming artinya Pemanasan Global, Ini Penyebab & Cara Mencegahnya

Global Warming artinya Pemanasan Global, Ini Penyebab & Cara Mencegahnya Global warming. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Global warming artinya adalah pemanasan global atau dampak dari efek rumah kaca. Global warming ini adalah fenomena meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, daratan bumi, lautan secara menyeluruh.

Selain itu pemanasan global ini juga dapat diartikan sebagai naiknya suhu bumi secara menyeluruh. Biasanya fenomena ini juga ditandai dengan es di Kutub yang perlahan mencair dan temperatur di berbagai tempat di seluruh dunia cenderung naik.

Tentu amat susah dihindari dan dihentikan secara menyeluruh apabila sudah dihadapkan dengan kondisi seperti ini, karena pola hidup manusia yang terus berkembang dan berubah. Oleh karena itu, yang perlu dilakukan adalah mengurangi dampak yang lebih parah dari global warming. Dirangkum dari dlh.semarangkota.go.id dan Salamadian, berikut adalah ulasan selengkapnya untuk Anda.

Penyebab Global Warming

- Polusi udara karena bahan bakar

Bahan bakar mesin dari kendaraan bermotor seperti mobil dan motor atau kendaraan lain akan menghasilkan gas karbondioksida. Adanya gas tersebut akan menjadikan panas tidak bisa diteruskan ke luar angkasa sehingga akan mengendap di dalam bumi.

- Meningkatnya gas rumah kaca

Gas rumah kaca ini terjadi lantaran pembakaran minyak bumi. Bahkan bahan bakar batu bara serta pembakaran gas alam. Semua hal itu menyebabkan adanya pemanasan yang terpantul tidak diteruskan ke luar angkasa namun justru malah kembali lagi ke bumi.

- Penggunaan CFC yang berlebihan

CFC adalah salah satu bahan kimia yang diproduksi untuk berbagai peralatan rumah tangga. Misalnya seperti AC atau pendingin serta kulkas. Penggunaan CFC ini mampu membuat global warming terjadi lantaran zat kimia yang terus-menerus digunakan.

global warming

©2014 Merdeka.com

- Efek rumah kaca

Efek rumah kaca menjadikan panas yang berada di bumi tak dapat dipantulkan ke luar angkasa, namun menjadi terperangkap di dalam atmosfer. Sebenarnya efek rumah kaca ini dapat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Akan tetapi apabila penggunaannya berlebihan mampu menjadikan efek pada iklim dan cuaca yang ada di muka bumi.

- Penggundulan hutan

Seperti diketahui bahwa hutan menjadi salah satu di antara penyadap karbondioksida yang ada di muka bumi. Nah, apabila hutan sudah semakin gundul, maka lama-kelamaan tidak ada yang bisa mengurangi karbondioksida lagi.

- Polusi Metana karena Pertanian, Peternakan dan Perkebunan

Selain karbodiokasi, ada pula yang berperan paling besar dalam menyebabkan global warming yakni adalah metana. Adanya gas metana ini berasal dari bakteri yang kekurangan oksigen untuk memecah bahan-bahan organik.

Selain itu juga karana adanya pemupukan yang terlalu berlebihan sehingga terjadi polusi gas metana.

Cara Mengatasi Global Warming

- Reboisasi

Reboisasi adalah salah satu di antara cara efektif mengatasi karbon dioksida yang terlalu berlebihan. Menurut Thomas Crowther (ahli ekologi) menanam pohon adalah solusi termudah dan cara terefektif untuk mengatasi pemanasan global.

- Hemat Penggunaan Energi

Salah satu cara mengatasi pemanasan global yakni dengan mematikan lampu yang sudah tidak digunakan lagi. Listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik dihasilkan dari bahan bakar yang berasal dari minyak bumi, gas alam atau pun batubara.

Dengan menghemat penggunaan energi, terutama listrik, kita akan melakukan kontribusi pada pengurangan polusi yang berasal dari pembakaran zat-zat tersebut.

warming

©2015 Merdeka.com

- Kurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi

Banyak sekali orang yang saat ini memiliki kendaraan pribadi. Penggunaan kendaraan pribadi ini akan menyebabkan pemanasan global.

Maka dari itu sebisa mungkin tinggalkan kendaraan pribadi dan apabila memungkinkan berpergian menggunakan kendaraan umum. Jadi 30 orang dalam satu bus itu lebih baik daripada 30 orang yang mengendarai kendaraannya masing-masing bagi bumi kita ini.

Meminimalisasi Penggunaan Plastik

Para peneliti menyimpulkan bahwa dalam produk plastik seperti sedotan, botol air, tas kresek atau pembungkus makanan akan mengeluarkan gas etilena dan metana ketika terkena sinar matahari. Itu mengapa mulailah meminimalisir penggunaan bahan plastik sekali pakai dan menggantinya dengan produk yang bisa dipakai berulang.

Bawalah kantong belanjaan sendiri ketika berbelanja ke pasar atau pun supermarket agar tak menyumbangkan lebih banyak sampah di muka bumi.

- Jalankan Pola Hidup Sehat dan Hemat

Pola hidup yang sehat seperti bersepeda atau berjalan kaki daripada memakai kendaraan bermotor bisa mengurangi angka pemanasan global. Selain itu kita juga harus tetap berhemat dengan cara membeli barang yang seharusnya dibeli saja dan jangan membeli barang yang tidak terpakai dan malah menjadi limbah yang mengotori lingkungan.

- Gunakan Produk Ramah Lingkungan

Di era saat ini banyak sekali produk yang sudah menggunakan teknologi ramah lingkungan. Mulai dari lampu, ac, mesin cuci sampai dengan motor listrik. Walau masih menyumbang angka untuk pemanasan global, jumlahnya lebih sedikit jika dibandingkan dengan produk lain pada umumnya.

(mdk/bil)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Penyakit Akibat Pemanasan Global yang Wajib Diwaspadai
Penyakit Akibat Pemanasan Global yang Wajib Diwaspadai

Di tengah perubahan iklim yang semakin nyata, pemanasan global tidak hanya mengubah ekosistem bumi, tetapi juga membawa dampak signifikan terhadap kesehatan.

Baca Selengkapnya
Efek Rumah Kaca adalah Kondisi Pemanasan Atmosfer, Ketahui Penyebab dan Dampaknya
Efek Rumah Kaca adalah Kondisi Pemanasan Atmosfer, Ketahui Penyebab dan Dampaknya

Penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pemanasan global.

Baca Selengkapnya
⁠Contoh Permasalahan Lingkungan dan Solusinya, Cara Terbaik Antisipasi Bencana
⁠Contoh Permasalahan Lingkungan dan Solusinya, Cara Terbaik Antisipasi Bencana

Merdeka.com merangkum informasi tentang contoh permasalahan lingkungan hidup dan solusinya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
8 Cara Mengatasi Demam Panggung yang Efektif, Lakukan Hal Berikut Ini
8 Cara Mengatasi Demam Panggung yang Efektif, Lakukan Hal Berikut Ini

Mengatasi demam panggung memerlukan pemahaman tentang penyebabnya dan penerapan strategi untuk mengelolanya.

Baca Selengkapnya
Penyebab Perubahan Lingkungan dan Contohnya, Penting Diketahui
Penyebab Perubahan Lingkungan dan Contohnya, Penting Diketahui

Banyaknya aktivitas manusia yang menyimpang, dapat berdampak buruk bagi kelestarian alam.

Baca Selengkapnya
7 Masalah Kesehatan yang Sebabkan Keringat Berlebih, Salah Satunya karena Gula
7 Masalah Kesehatan yang Sebabkan Keringat Berlebih, Salah Satunya karena Gula

Keringat yang berlebihan ini muncul bukan karena panas matahari atau pakaian Anda yang terlalu tebal, tapi bisa jadi karena masalah pada kesehatan Anda.

Baca Selengkapnya
Cara Mengatasi Perut Begah dengan Aman dan Efektif, Lakukan Hal Ini
Cara Mengatasi Perut Begah dengan Aman dan Efektif, Lakukan Hal Ini

Memahami penyebab perut begah adalah langkah pertama untuk mengatasi kondisi ini.

Baca Selengkapnya
9 Negara yang Memiliki Air Terjun Tertinggi di Dunia
9 Negara yang Memiliki Air Terjun Tertinggi di Dunia

Air terjun merupakan bentuk keajaiban dan keindahan alam yang patut untuk dilihat. Yuk, simak daftar air terjun tertinggi di dunia!

Baca Selengkapnya
Cara Mengatasi Mata Berair, Kenali Dulu Penyebab Terjadinya
Cara Mengatasi Mata Berair, Kenali Dulu Penyebab Terjadinya

Mata berair merupakan kondisi umum yang sering kali terjadi. Yuk, simak apa saja penyebab mata berair dan bagaimana cara mengatasinya!

Baca Selengkapnya