Doa Setelah Tayamum Lengkap Beserta Niat dan Tata Caranya Sesuai Syariat Islam

Kamis, 1 Desember 2022 09:31 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Doa Setelah Tayamum Lengkap Beserta Niat dan Tata Caranya Sesuai Syariat Islam ilustrasi tayamum. raiyanfoundation.com

Merdeka.com - Doa setelah tayamum wajib dibaca setelah Anda melakukan aktivitas mensucikan diri pengganti wudhu ini. Tak hanya doa, niat dan juga tata cara bertayamum juga wajib diketahui oleh seluruh umat Islam. Secara istilah, tayamum sendiri berarti mengusap wajah dan kedua tangan dengan tanah atau debu sebagai pengganti wudhu.

Tayamum merupakan salah satu cara untuk bersuci dari hadas kecil dan besar, yang dapat dilakukan hanya pada kondisi tertentu. Tata cara tayamum yang dibenarkan dalam ajaran Islam pun memiliki sejumlah syarat serta ketentuan. Dalam Al Quran disebutkan perintah untuk bertayamum yakni di dalam Surat Al Maidah ayat 6:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِۗ وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْاۗ وَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ مِّنْهُ ۗمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْ حَرَجٍ وَّلٰكِنْ يُّرِيْدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهٗ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ - ٦

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur."

Lalu, bagaimanakah doa setelah tayamum sesuai syariat Islam? Dan bagaimanakan tata caranya? Simak ulasan selengkapnya dilansir dari berbagai sumber, (1/12/2022):

2 dari 5 halaman

Syarat Diperbolehkan Tayamum

Tayamum sendiri memiliki sejumlah syarat tertentu saat akan dilakukan. Melansir dari laman NU Online, tayamum hanya diperbolehkan apabila dalam keadaan seperti di bawah ini:

1. Tidak adanya air yang cukup untuk wudhu atau mandi.

2. Tidak mampu menggunakan air, seperti orang lemah, orang yang dipenjara, atau menghindari binatang buas.

3. Sakit atau memperlambat sembuh dari sakit bila menggunakan air.

4. Jumlah air sedikit dan lebih dibutuhkan untuk menyambung hidup (minum).

5. Tidak adanya alat untuk menimba/mendapatkan air, meski airnya ada dalam sumur misalnya.

6. Takut habisnya waktu salat sedangkan untuk mendapatkan air sangat jauh.

7. Kondisi yang sangat dingin dengan persyaratan tertentu. [khu]

Baca juga:
Gong Perdamaian Dunia Ada di Ciamis Jawa Barat, Begini Penampakannya
Prediksi Kanada vs Maroko di Grup F Piala Dunia: Selangkah Lagi Maroko ke 16 Besar
Momen Kapolsek 'Ratakan' Santuy Naik Bajaj ke Bengkel, Bikin Girang karena Bagi-Bagi
Punya Besan Pensiunan Jenderal TNI, Ayah Hillary Brigitta Bukan Orang Sembarangan

3 dari 5 halaman

Tata Cara Tayamum

1. Siapkan atau carilah tanah yang berdebu atau debu yang bersih

2. Menghadap ke kiblat, lalu mengucapkan basmalah dan niat tayamum yang berbunyi:


نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ للهِ تَعَالَى

Nawaitu tayammuma li istibaakhati sholati lillahi ta’ala.
Artinya: "Aku berniat tayamum agar diperbolehkan salat karena Allah"

3. Setelah itu, letakkan kedua telapak tangan ke daerah yang berdebu dengan posisi jari-jari tangan yang dirapatkan.

4. Sebelum mengusapkan ke wajah, tiup debu yang ada di tangan agar tidak terlalu banyak. Setelah itu baru usapkan kedua telapak tangan ke seluruh wajah dengan sisa debu tersebut. Diusahakan untuk meratakan debu ke seluruh wajah, dan cukup dengan sekali menyentuh debu saja.

5. Lepaskan aksesoris yang ada di tangan. Setelah semuanya lepas. Letakkan kembali kedua telapak tangan dengan jari yang direnggangkan untuk menyentuh debu.

6. Lalu, tempelkan telapak tangan kiri di atas punggung tangan kanan. Berikutnya Anda bisa mengusapnya dari punggung tangan kanan hingga sikunya. Lalu jangan lupa juga usap sisi lain pada tangan kanan dan kembali untuk menyatukan kedua telapak tangan yang didahului dengan mengusap jempol kanan.

7. Setelah itu bisa lakukan pada bagian tangan kiri seperti pada tangan kanan.

8. Yang terakhir, pertemukan kedua telapak tangan dan usap sela-sela jari tangan.

4 dari 5 halaman

Doa Setelah Tayamum

Setelah selesai melakukan tayamum, dianjurkan untuk membaca doa. Berikut adalah doa setelah tayamum:



أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِيْنَ، وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاجْعَلْنِي مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Asyhadu an laa Ilaaha illalloh wahdahu laa syariika lahu. Wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu. Allahummaj’alni minat tawwaabiina, waj’alni minal mutatohhirina, waj’alni min ‘ibaadikas sholihiina. Subhanaka allahumma wa bihamdika astagfiruka wa atuubu ilaika.

Artinya: "Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah semata yang tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bertobat, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bersuci, dan jadikanlah aku sebagai hamba-hamba-Mu yang saleh. Mahasuci Engkau, ya Allah. Dengan kebaikan-Mu, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau. Dan dengan kebaikan-Mu, aku memohon ampunan dan bertaubat pada-Mu"

5 dari 5 halaman

Hal yang Membatalkan Tayamum

 Sama seperti halnya wudhu, ada juga hal-hal yang bisa membatalkan tayamum. Berikut adalah hal-hal yang dapat membatalkan tayamum:

1. Menemukan Air

Tayamum akan langsung batal jika Anda telah menemukan air sebelum melakukan salat. Namun jika Anda menemukan air setelah selesai salat, hal tersebut tidak membatalkan tayamum atau pun salat.

Salat dan tayamum tetap sah jika Anda menemukan air setelah salat. Oleh karena itu, lebih baik untuk memastikan terlebih dahulu apakah air benar-benar ada atau tidak.

2. Bisa Menggunakan Air

Air bisa menjadi halangan beribadah jika seseorang yang sakit tidak boleh terkena air dalam sesi pengobatannya. Namun jika penyakitnya sudah sembuh maka tayamum bisa batal. Bahkan orang yang sakit tanpa adanya larangan dengan air juga dapat membatalkan tayamum.

3. Murtad

Tayamum akan batal jika seseorang keluar dari Islam atau bukan beragama Islam. Tayamum hanya diperbolehkan bagi umat Islam. Selain itu pastinya memiliki aturannya sendiri dalam beribadah.

4. Hilang Akal Berpikir

Seseorang yang kehilangan akal sehatnya maka otomatis tayamumnya akan batal. Orang-orang yang kehilangan akal sehat ini seperti, gila, pemabuk, dan tidak sadarkan diri karena pingsan dan sebagainya.

5. Tidur

Tidur adalah suatu aktivitas di mana beberapa fungsi anggota tubuh berhenti beroperasi seperti telinga dan mata. Bagi orang yang sudah melakukan tayamum lalu tidur sehingga telinga dan mata secara bersamaan tidak berfungsi maka tayamum dinyatakan batal.

6. Buang Air Kecil dan Besar

Sama seperti wudhu, buang air kecil dan besar juga bisa membatalkan tayamum. Dengan membuang air kecil maka otomatis tayamum akan batal. Jika ingin salat maka bersihkan terlebih dulu hadas di bagian tubuh agar dapat salat dengan sah.

7. Kentut

Kentut adalah sebuah gas yang keluar melalui anus, hal ini sama saja seperti buang air kecil dan buang air besar. Ketika Anda sudah tayamum lalu kentut maka tayamum dinyatakan batal.

8. Haid

Sama seperti buang air kecil, buang air besar, dan juga kentut. Semua hal yang menimbulkan munculnya hadas di bagian tubuh maka kegiatan dalam beribadah akan batal. Hadas harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum beribadah.

Baca juga:
Gong Perdamaian Dunia Ada di Ciamis Jawa Barat, Begini Penampakannya
Prediksi Kanada vs Maroko di Grup F Piala Dunia: Selangkah Lagi Maroko ke 16 Besar
Momen Kapolsek 'Ratakan' Santuy Naik Bajaj ke Bengkel, Bikin Girang karena Bagi-Bagi
Punya Besan Pensiunan Jenderal TNI, Ayah Hillary Brigitta Bukan Orang Sembarangan



Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini