Cara Mengobati Diabetes Secara Alami dan Aman, Bisa Dicoba

Selasa, 28 Juni 2022 10:19 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Cara Mengobati Diabetes Secara Alami dan Aman, Bisa Dicoba Diabetes. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Cara mengobati diabetes secara alami salah satunya bisa dilakukan dengan menjaga pola makan. Diabetes merupakan jenis penyakit jangka panjang. Kondisi ini ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) di atas batas normal.

Diabetes atau penyakit gula terjadi ketika pengidapnya tidak mampu mengambil glukosa ke dalam sel dan menggunakannya sebagai energi. Kondisi ini pada akhirnya menghasilkan penumpukan gula ekstra dalam aliran darah.

Diabetes yang dibiarkan tanpa penanganan akan menyebabkan komplikasi berbahaya yang bisa berujung pada kematian. Tak hanya dengan obat, diabetes sebenarnya juga bisa diatasi dengan pendekatan alami tanpa obat.

Menjaga pola makan dan olahraga menjadi contoh cara yang seharusnya dilakukan untuk mengobati diabetes. Apabila dengan cara alami ini tujuan pengobatan diabetes belum tercapai, baru dapat dikombinasikan dengan langkah farmakologis.

Lalu, langkah apa yang bisa dilakukan untuk mengobati diabetes secara alami? Simak ulasannya dilansir dari laman halodoc dan berbagai sumber, Selasa (28/6/2022):

2 dari 7 halaman

Jenis Diabetes

Sebelum membahas soal cara mengobati diabetes secara alami, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dulu jenis dan penyebab dari penyakit gula ini. Diabetes yang tidak terkontrol dengan baik bisa menyebabkan komplikasi kesehatan serius.

Sebab, bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa organ tubuh seperti jantung, ginjal, mata, dan saraf. Ada dua jenis utama diabetes yakni diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Diabetes tipe 1 merupakan jenis penyakit autoimun, artinya sistem imun tubuh akan menyerang dirinya sendiri. Pada kondisi ini, tubuh tidak akan memproduksi insulin sama sekali.

Sedangkan pada diabetes tipe 2 tubuh tidak membuat cukup insulin atau sel-sel tubuh, pengidap diabetes tipe 2 tidak akan merespons insulin secara normal. [khu]

Baca juga:
Tujuan WTO untuk Perdagangan Dunia, Ketahui Pula Sejarah Beserta Fungsi & Prinsipnya
Makanan untuk Orang Tipes yang Bantu Proses Penyembuhan

3 dari 7 halaman

Penyebab Diabetes

012 siti rutmawati
©www.news.utoronto.ca

Pada diabetes tipe 1, kondisi ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang biasanya menyerang virus atau bakteri berbahaya lainnya, malah menyerang dan menghancurkan sel penghasil insulin.

Akibatnya, tubuh kekurangan atau bahkan tidak dapat memproduksi insulin sehingga gula yang seharusnya diubah menjadi energi oleh insulin, menyebabkan terjadinya penumpukan gula dalam darah.

Sedangkan pada diabetes tipe 2, tubuh bisa menghasilkan insulin secara normal, tetapi insulin tidak digunakan secara normal. Kondisi ini dikenal juga sebagai resistensi insulin.

4 dari 7 halaman

Gejala Diabetes

Gejala diabetes akan muncul secara bervariasi pada setiap pengidapnya, tergantung akan tingkat keparahan dan jenis yang diidap. Namun, secara umum ada beberapa gejala yang akan dialami oleh pengidap diabetes tipe 1 maupun tipe 2, yaitu:

1. Mulai selalu merasa haus

2. Peningkatan frekuensi buang air kecil

3. Mudah lelah atau rasa kelelahan terus-menerus.

4. Adanya gangguan penglihatan, seperti pandangan yang kabur.

5. Terjadinya infeksi pada tubuh terus-menerus, yang umum terjadi pada bagian gusi, kulit, maupun area vagina (pada wanita).

6. Penurunan berat badan yang tidak jelas apa penyebabnya.

7. Kehadiran keton dalam urine (keton adalah produk sampingan dari pemecahan otot dan lemak yang terjadi ketika tidak ada cukup insulin yang tersedia).

5 dari 7 halaman

Cara Mengobati Diabetes Alami

Diabetes sebenarnya merupakan penyakit menahun yang sulit untuk disembuhkan secara total. Namun, ada beberapa langkah perawatan alami yang bisa dilakukan oleh penderitanya. Di antaranya:

1. Mengatur Pola Makan

Penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengatur kembali pola makan sehat. Fokuskan pada asupan buah, sayur, protein tanpa lemak, dan juga biji-bijian.

Tak hanya itu, penderita diabetes juga perlu mengonsumsi serat dan mengurangi beberapa jenis makanan, seperti makanan yang mengandung lemak jenuh, karbohidrat olahan, hingga pemanis buatan.

2. Rutin Lakukan Aktivitas Fisik

Olahraga menjadi satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar gula darah dengan mengubahnya menjadi energi. Lakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, berenang, atau bersepeda. Jadikan kegiatan tersebut sebagai rutinitas harian untuk membantu menghindari kondisi diabetes menjadi lebih buruk.

6 dari 7 halaman

3. Perbanyak Zat Gizi

Cara mengobati diabetes secara alami selain menjaga kadar gula darah, penderita diabetes perlu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Hal ini bertujuan agar kebutuhan zat gizi dan nutrisi penting terpenuhi setiap hari. Berikut nutrisi yang harus dipenuhi:

  • Vitamin E sayur, kacang-kacangan, paprika merah, alpukat, mangga dan kiwi.
  • Vitamin D3 bisa didapat dari makanan seperti susu, udang, ikan berlemak (tuna, mackerel, salmon), hati sapi, keju dan telur.
  • Vitamin C seperti jeruk, jambu merah, stroberi, brokoli, kentang, bayam dan tomat bisa menjadi sumber vitamin C yang baik.
  • Vitamin B12 dari daging merah, ayam, ikan, hati sapi, telur, dan produk susu.
  • Vitamin B7 yakni serealia utuh, umbi-umbian, kacang-kacangan, telur, susu, yoghurt, dan daging ayam.

4. Atur Jam Makan

Cara mengobati diabetes secara alami selanjutanya adalah dengan diet puasa atau intermittent fasting.

Diet puasa terdapat beberapa metode yang bisa dilakukan, salah satunya yaitu membagi 16 jam waktu berpuasa dan 8 jam waktu mengonsumsi makanan.

Misalnya Anda diperbolehkan makan dari jam 1 siang hingga jam 9 malam, kemudian dilanjutkan berpuasa hingga 16 jam ke depan.

7 dari 7 halaman

Pencegahan Diabetes

Meskipun beberapa faktor penyebab diabetes seperti riwayat keluarga sulit untuk dihindari, tetapi ada faktor lain yang dapat dicegah sedari dini melalui penerapan hidup sehat. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit diabetes, di antaranya:

  1. Mempertahankan berat badan ideal dengan mengonsumsi makanan rendah lemak.
  2. Mengonsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayur.
  3. Mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis.
  4. Berolahraga secara rutin dan banyak melakukan aktivitas fisik.
  5. Mengurangi waktu duduk diam terlalu lama, seperti ketika menonton televisi.
  6. Menghindari atau berhenti merokok.

Jika Anda mengalami beberapa gejala dari diabetes dan gejala tersebut tak kunjung membaik setelah dilakukan upaya pengobatan alami, segerelah memeriksakan diri ke dokter. Hal ini bertujuan agar diabetes dapat segera terdeteksi, sehingga penanganan dapat dilakukan sedini mungkin. Semakin cepat penanganan dilakukan, maka semakin kecil pula risiko komplikasi diabetes dapat terjadi.

Baca juga:
Tujuan WTO untuk Perdagangan Dunia, Ketahui Pula Sejarah Beserta Fungsi & Prinsipnya
Makanan untuk Orang Tipes yang Bantu Proses Penyembuhan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini