Cara Kepang Rambut dengan Mudah dan Rapi, Perhatikan Langkahnya

Selasa, 6 Desember 2022 09:47 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Cara Kepang Rambut dengan Mudah dan Rapi, Perhatikan Langkahnya Kepang Rambut. Foto: Allthingshair.com ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Cara kepang rambut dengan mudah mungkin bisa Anda coba sendiri. Banyak orang mungkin menganggap jika mengepang rambut merupakan salah satu hal yang sulit. Kepang merupakan gaya rambut kompleks yang dibentuk dengan menjalin tiga atau lebih helai rambut.

Mengepang sudah menjai salah satu gaya menghias rambut yang sudah dilakukan sejak ribuan tahun lalu di berbagai budaya di seluruh dunia.

Berikut merdeka.com membagikan tutorial cara kepang rambut dengan mudah dilansir dari laman allthingshair dan berbagai sumber, (6/12/2022):

2 dari 6 halaman

Kepang Terbalik

kepang rambut

Foto: Allthingshair.com ©2022 Merdeka.com

Versi yang paling sederhana dan umum dari kepang adalah struktur datar, padat, dengan 3 untaian rambut. Pola yang lebih kompleks dapat dibentuk dari jumlah untaian yang berubah-ubah untuk menciptakan rentang struktur yang lebih luas.

Kini, cara mengepang rambut sendiri sudah semakin bervariasi. Salah satunya ialah kepang terbalik. Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah mengambil 2 bagian kecil rambut dari masing-masing sisi kepala.

Silang di depan dagu. Ambil sedikit rambut dari bagian kiri lalu silang ke bawah untaian tengah. Terus lanjut mengepang rambut sambil perlahan menambah untaian rambut baru ke dalam kepangan. Lanjutkan hingga seluruh rambut habis terkepang.

Balikkan rambut dengan hati-hati ke arah yang berlawanan (ke belakang kepala). Letakkan kedua tangan di bawah kepang, dorong kepang ke atas. Sambil menahannya dengan lengan, ambil ekor kepang dengan satu tangan lalu balikkan.

Setelah itu, Anda hanya perlu merapikannya atau menambah aksesoris lainnya untuk memberikan kesan lebih manis pada tampilan rambut. [khu]

Baca juga:
Pengertian Komplikasi Menurut Ilmu Kedokteran, Ketahui Penyebab dan Jenisnya
Pengertian Ring of Fire atau Cincin Api, Pahami Letak hingga Proses Terbentuknya
Doa saat Terjadi Bencana Alam, Gempa Bumi Hingga Gunung Meletus

3 dari 6 halaman

Three Strand Braids

kepang rambut

Foto: Allthingshair.com ©2022 Merdeka.com

Gaya kepang rambut paling sederhana yang bisa Anda coba, yakni three strand braids. Cara membuatnya ialah dengan membawa seluruh rambut ke satu sisi, kemudian bagi menjadi tiga sama besar.

Untuk mengepang rambut menjadi three strand braids, jalin rambut mulai dari dekat telinga dengan cara menyilangkan sisi kiri ke atas sisi kanan dan sisi kanan ke atas sisi kiri.

Kepang Cepol

Selanjutnya, ada gaya kepang cepol yang biasanya banyak digunakan saat menghadiri acara-acara resmi seperti pesta pernikahan. Caranya, ambil sebagian kecil rambut dari sisi kanan kepala, lalu kepang dengan teknik kepang tiga biasa (three strands braid), ikat dengan karet.

Buat dua kepangan di kiri dan kanan, lalu satukan kedua kepang kecil di belakang kepala sambil melepaskan kedua karetnya dan menggantinya dengan karet baru.

Kepang rambut bagian bawah dengan teknik kepang tiga, semprotkan hairspray untuk membuat rambut lebih rapi dan kemudian longgarkan. Setelahnya, gulung kepang ke arah atas, amankan dengan bobby pins.

kepang rambut
Foto: Allthingshair.com ©2022 Merdeka.com



4 dari 6 halaman

Kepang Bando

kepang rambut
Foto: Allthingshair.com ©2022 Merdeka.com

Buat kepang menggunakan teknik kepang 3 biasa di masing-masing sisi kepala, ikat dengan karet. Mulai dari sisi kanan kepala, buat lubang pada kepang di dekat akar rambut menggunakan jempol dan jari telunjuk.

Masukan sedikit rambut dari depan kepala ke dalam lubang. Lakukan ini pada setiap lubang kepang. Tambahkan sedikit demi sedikit jalinan rambut. Agar tetap rapi, jepit ujung rambut yang di masukin ke dalam lubang tadi menggunakan jepit bebek.

Ulangi langkah ini hingga mencapai bagian telinga. Jangan lupa lakukan hal yang sama pada rambut di bagian kiri.

Satukan kedua ujung kepang, ganti dengan karet baru. Semprotkan hairspray ke seluruh rambut dan sematkan aksesori rambut untuk menutupi karet.

5 dari 6 halaman

French Braid

kepang rambut
Foto: Allthingshair.com ©2022 Merdeka.com

Gaya gepang rambut french braid ini sangat cocok untuk memberikan kesan tampilan yang manis dan rapi. Cara membuatnya ialah pertama dengan mengambil sebagian rambut di dekat kening, kepang rambut dengan menjalin rambut kiri ke atas bagian kanan, dan rambut bagian kanan ke atas rambut bagian kiri.

Sambil mengepang, tambahkan sedikit demi sedikit rambut dari sisi kiri dan kanan kepala. Teruskan hingga ke tengkuk, lalu lanjutkan dengan teknik three strand braids biasa. Ikat ujungnya dengan karet rambut.

6 dari 6 halaman

Dutch Braid

kepang rambut

Foto: Allthingshair.com ©2022 Merdeka.com

Cara kepang rambut dutch braid yakni dimulai dengan mengambil sedikit bagian rambut lalu bagi jadi tiga bagian kecil. Silangkan rambut di kiri ke bawah bagian kanan, lalu rambut kanan ke bagian kiri.

Sembari mengepang, tambahkan sedikit demi sedikit bagian rambut. Teruskan mengepang rambut hingga bagian telinga, lalu jepit ujungnya.

Teknik Dutch Braid mirip dengan French braid, yang membedakan adalah proses mengepangnya yang terbalik.

Fishtail Braid

kepang rambut
Foto: Allthingshair.com ©2022 Merdeka.com

Bisa dibilang, gaya kepang fishtail braid ini tidak terlalu rumit. Pertama, bawa seluruh rambutmu ke salah satu sisi pundakmu dan bagi rambut menjadi 2 bagian.

Ambil sedikit bagian rambut di sisi terluar, lalu silang ke bagian dalam, antara kedua bagian rambut yang besar.

Gabungkan bagian kecil rambut tersebut dengan rambut di sisi kanan. Dari sisi kanan, ambil sebagian rambut lalu silangkan ke sisi yang lain.

Ulangi hingga seluruh bagian rambut terkepang. Jika ingin kepangan rapi dalam waktu cukup lama, Anda bisa semprotkan hairspray secukupnya.

Baca juga:
Pengertian Komplikasi Menurut Ilmu Kedokteran, Ketahui Penyebab dan Jenisnya
Pengertian Ring of Fire atau Cincin Api, Pahami Letak hingga Proses Terbentuknya
Doa saat Terjadi Bencana Alam, Gempa Bumi Hingga Gunung Meletus




Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini