Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bacaan Doa Adzan yang Dapat Dilafalkan, Lengkap Disertai Arti dan Amalannya

Bacaan Doa Adzan yang Dapat Dilafalkan, Lengkap Disertai Arti dan Amalannya ilustrasi adzan. dream.co.id

Merdeka.com - Berbagai bacaan doa adzan dapat dilafalkan oleh muadzin atau siapa saja yang telah mendengar seruan adzan. Adzan sendiri adalah bentuk panggilan kepada umat Islam yang menandai masuknya waktu salat lima waktu.

Lantaran sebagai penanda waktu salat, maka adzan dapat berkumandang sebanyak lima kali dalam waktu satu hari. Sementara itu, banyak pula kebaikan terkait adzan tersebut.

Baca juga: Bacaan Adzan Subuh Bahasa Arab Latin Dan Artinya

Kebaikan titu tak lain dapat diperoleh sang muadzin atau pun juga pendengarnya. Salah satu kebaikan tersebut yakni dapat diperoleh dengan melakukan amalan-amalan saat adzan.

Di antaranya yakni dengan menjawab adzan sesuai yang dianjurkan Rasulullah SAW hingga melafalkan bacaan doa adzan. Melafalkan bacaan doa adzan dapat senantiasa mendekatkan diri kita kepada Allah SWT serta mendatangkan pahala tersendiri.

Lantas, bagaimana bunyi bacaan doa adzan yang dapat dilafalkan tersebut? Melansir dari laman NU Online, berikut merdeka.com rangkum mengenai sejumlah bacaan doa adzan yang dapat Anda kerjakan.

Bacaan Doa Adzan: Shalawat Ibrahimiyyah

ilustrasi adzan

plus.kapanlagi.com

Setelah adzan, bacaan doa yang dapat dilafalkan pertama yakni mengenai shlawat ibrahimiyyah. Hal tersebut seperti yang disunnahkan dalam buku Asna al-Mathalib karya Imam Zakaria al-Anshary (Dar al-Kutub al-Islamy, 2000), juz II, hal. 456. Adapun bunyinya yaitu sebagai berikut.

Allâhumma shalli ‘alâ sayyidinâ Muhammad wa ‘alâ 'âli sayyidinâ Muhammad kamâ shallaita ‘alâ sayyidinâ Ibrâhîm, wa ‘alâ 'âli sayyidinâ Ibrâhim, wa bârik ‘alâ sayyidinâ Muhammad wa ‘alâ 'âli sayyidinâ Muhammad kamâ bârakta ‘alâ sayyidinâ Ibrâhim, wa ‘alâ 'âli sayyidinâ Ibrâhîm, innaKa Hamîdun Majîdun.

Artinya:

"Ya Allah, berilah rahmat pada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaiman Engkau merahmati Nabi Ibrahim dan keluarganya, serta berkatilah Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaiman Engkau berkatilah Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung."

Bacaan Doa Adzan Kedua

ilustrasi berdoa

© pexels.com/Anastasia Shuraeva

Setelah itu, bacaan doa adzan yang selanjutnya yakni sebagai berikut.

Allahumma rabba hadzihid dakwatit tammah, was shalatil qa’imah, ati sayyidana muhammadanil wasilata wal fadhilah, wab‘atshu maqamam mahmudanil ladzi wa‘attah, innaka la tukhliful mi’ad.

Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.

Artinya:

"Ya Allah, Tuhan seruan yang sempurna dan shalat yang berdiri, berikanlah wasilah (tempat di surga) dan keutamaan kepada Nabi Muhammad saw. Bangkitkan ia pada kedudukan terpuji (hak syafa’at) yang Kaujanjikan. Sungguh, Engkau tidak akan menyalahi janji.

Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

Bacaan doa adzan yang kedua tersebut secara langsung dianjutkan Rasulullah SAW setelah mendengarkan seruan untuk beribadah. Doa ini sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh sahabat Jabir dalam sahih Bukhari. Bunyinya yaitu sebagai berikut.

"Dari Jabi bin Abdullah ra, Rasulullah saw bersabda, ‘Siapa saja yang berdoa ketika mendengar seruan azan ‘Allahumma rabba hadzihid dakwatit tammah, was shalatil qa’imah, ati muhammadanil wasilata wal fadhilah, wab‘atshu maqamam mahmudanil ladzi wa‘attah,’ niscaya jatuhlah syafaatku padanya di hari kiamat.’ (HR Bukhari),"(An-Nawawi, Al-Adzkar, [Kairo, Darul Hadits: 2003 M/1424 H], halaman 44).

Bacaan Doa Adzan Maghrib

 ilustrasi berdoa

©2022 Merdeka.com/pixabay

Disebut dalam kitab Jami’ul Ahadits, juz IV, hal. 250, terdapat bacaan doa khusus yang dapat dilafalkan setelah adzan maghrib. Bunyi bacaan doa adzan maghrib tersebut yakni sebagai berikut.

Allahumma hadza iqbâlu lailika wa idbâru nahârika wa ashwâtu du’âika faghfir lii.

Artinya:

"Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya malam-Mu, dan perginya siang-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku."

Bacaan Doa Adzan Subuh

ilustrasi berdoa

© pexels.com/Timur Weber

Selain waktu maghrib, terdapat pula bacaan doa khusus yang dapat dikerjakan pada saat adzan subuh. Hal tersebut selayaknya yang disebutkan pada kitab Fathul Muin hal. 280. Bunyinya yakni sebagai berikut.

Allahumma hadza iqbâlu nahârika wa idbâru lailika wa ashwâtu du’âika faghfir lî.

Artinya:

"Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya siang-Mu, dan perginya malam-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku."

Rangkaian Amalan Antara Adzan dan Iqamah

ilustrasi adzan

dream.co.id

1. Membaca Doa Adzan & Iqamah

Mengerjakan amalan di antara adzan dan iqamah juga senantiasa dapat dikerjakan sebagai sarana mengingat serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satu amalannya selain membaca doa adzan yakni dengan melafalkan bacaan antara seruan adzan dan iqamah.

Bunyinya yakni sebagai berikut.

Allahumma innî as-alukal-‘âfiyah fid-dunya wal-âkhirah.

Artinya:

"Ya Allah, aku mohon pada-Mu keselamatan di dunia dan akhirat."

2. Membaca Ayat Kursi

Setelah itu, maka dianjurkan untuk membaca ayat suci secara lengkap dan sungguh-sungguh. Adapun bunyinya yakni sebagai berikut.

Allâhu lâ Ilâha illa Huwal hayyul qayyumu. Lâ ta'khudzuhû sinatuw wa lâ naûm. laHû mâ fissamâwâti wa mâ fil ardhi. man dzal ladzii yasfa'u 'indahû illâ bi idznihi. ya'lamu mâ baina aidiihim wa mâ khalfahum. wa lâ yuhithûna bi syai-in min 'ilmihii illâ bi mâsyâ-a. wasi'a kursiyyuhussamâwâti wal ardha. wa lâ ya-udhû hifzhuhumâ wahuwal 'aliyyul azhiim.

Artinya:

"Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Kekal lagi terus menerus mengurus makhlukNya, tidak mengantuk dan tidak tidur Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izinNya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang meraka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi, Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."

3. Membaca Doa Setelah Iqamah

Terakhir apabila masih terdapat waktu, maka amalan yang dapat dikerjakan selanjutnya adalah membaca doa setelah seruan iqamah dilafalkan. Bunyinya yaitu sebagai berikut.

Allahumma Rabba hadzihi ad-da’wati at-tâmmati, wa ash-shalâti al-qâimati, shalli ‘ala sayyidina muhammadin wa âtihi su’lahu yaumal qiyâmah.

Artinya:

"Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, rahmatilah Nabi Muhammad dan berikan padanya permintaannya di hari kiamat." (mdk/mta)

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Doa Setelah Adzan yang Bisa Dibaca, Ketahui Keutamaannya
Doa Setelah Adzan yang Bisa Dibaca, Ketahui Keutamaannya

Doa setelah mendengar adzan yang bisa dipanjatkan.

Baca Selengkapnya
Doa Sesudah Adzan Lengkap dengan Latin & Artinya, Umat Islam Harus Tahu
Doa Sesudah Adzan Lengkap dengan Latin & Artinya, Umat Islam Harus Tahu

Berikut bacaan doa sesudah adzan lengkap dengan latin dan artinya.

Baca Selengkapnya
Doa Adzan Lengkap Beserta Latin & Artinya, Ketahui Pula Adab Saat Mendengar Adzan
Doa Adzan Lengkap Beserta Latin & Artinya, Ketahui Pula Adab Saat Mendengar Adzan

Berikut bacaan doa adzan lengkap beserta latin dan artinya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Doa Setelah Adzan Subuh hingga Usai Maghrib, Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya
Doa Setelah Adzan Subuh hingga Usai Maghrib, Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya

Bukan hanya setelah adzan subuh, usai adzan maghrib juga dianjurkan untuk membaca doa setelah adzan.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Setelah Adzan Lengkap dengan Latin Beserta Artinya
Bacaan Doa Setelah Adzan Lengkap dengan Latin Beserta Artinya

Umat Islam perlu mengetahui bacaan doa setelah adzan. Berikut bacaannya dengan latin beserta artinya.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Setelah Adzan Subuh Sesuai Anjuran Rasulullah SAW, Lengkap Disertai Arti hingga Keutamaannya
Bacaan Doa Setelah Adzan Subuh Sesuai Anjuran Rasulullah SAW, Lengkap Disertai Arti hingga Keutamaannya

Selain menjadi sarana mendekatkan diri kepada Allah, membaca doa setelah adzan subuh ternyata juga dapat mendatangkan banyak kebaikan.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Setelah Adzan Maghrib & Salat Wajib Lainnya, Lengkap Beserta Artinya
Bacaan Doa Setelah Adzan Maghrib & Salat Wajib Lainnya, Lengkap Beserta Artinya

Berikut bacaan doa setelah adzan Maghrib dan salat wajib lainnya yang perlu untuk diketahui.

Baca Selengkapnya
Bacaan Iqomah dan Adzan, Lengkap Beserta Keutamaannya
Bacaan Iqomah dan Adzan, Lengkap Beserta Keutamaannya

Iqomah adalah salah satu syarat sholat yang berarti pemberitahuan atau seruan bahwa sholat akan segera didirikan dengan menyebut lafazh-lafazh khusus.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Jenazah dan Tata Cara Salatnya, Penting Dipelajari
Bacaan Doa Jenazah dan Tata Cara Salatnya, Penting Dipelajari

Menghafal bacaan doa jenazah penting bagi umat Islam, agar bisa diamalkan sewaktu-waktu dibutuhkan.

Baca Selengkapnya